Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Gambaran tarif LRT dipatok Rp 12.000?
Bisnis

Gambaran tarif LRT dipatok Rp 12.000? 

LENSAINDONESIA.COM: Saat proyek LRT Jabodebek mencapai 58 persen, tarifnya pun sudah menemui angka patokannya.

Kepala Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia (Persero) John Roberto menyampaikan, untuk tarif LRT juga tak lepas subsidi dari pemerintah.

“Jika merujuk hitung-hitungan kita tarif keekonomian Rp 30 ribu. Namun daya beli masyarakat itu Rp 12 ribu. Dan sekali jalan flatnya demikian,” ujar John di Jakarta, Jumat (15/02/2019).

Ia menambahkan, untuk proses pembayaran, bakal menerapkan sistem ticketing yang terkoneksi dengan metode sistem pembayaran KRL.

“PT KAI sudah berkoordinasi dengan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) untuk sinkronisasi proses pembayaran dengan metode KRL. Dan nantinya bisa bersinergi dengan MRT. Sebab nanti akan terintegrasi semuanya, yakni LRT, MRT, KRL yang di Dukuh Atas,” tandasnya.

LRT Jabodebek akan mampu menampung 750 hingga 1.200 penumpang sekali angkut. Saat jam normal, diprediksi setiap sekali jalan angkutan tersebut bisa melayani sekitar 200 orang.

Di setiap LRT Jabodebek beroperasi dengan 31 train set. Lalu setiap train set, memakai enam gerbong.

Dalam sehari, lanjut John, rencananya ada 430 perjalanan dari Cibubur menuju Dukuh Atas pulang-pergi dan 430 perjalanan dari Bekasi menuju Dukuh Atas pulang-pergi.

“Nantinya, setiap hari LRT Jabodebek ini bisa mengangkut sekitar 500 ribu penumpang di dalamnya,” tutur John.@L6,eld-Licom

Foto: LRT ilust-ist

Baca Juga:  Sentra Wisata Kuliner di Surabaya mulai terapkan sistem pembayaran single cashier