Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Tahun ini Bukalapak optimis bangun komunitas di 140 kota
EKONOMI & BISNIS

Tahun ini Bukalapak optimis bangun komunitas di 140 kota 

LENSAINDONESIA.COM: Perusahaan e-commerce Bukalapak tahun ini menargetkan bakal perluas jangkuan komunitas Bukalapak hingga ke 140 kota di Indonesia.

Proyeksi penambahan tersebut bersandar dari tahun 2018, sebab di tahun itu komunitas Bukalapak sudah menjangkau 70 kota.

Ian Agisti, Community Program Manager Bukalapak mengatakan, hingga kini di Bukalapak sudah mencapai 142 komunitas. Angka tersebut mampu memacu pihaknya untuk menghimpun lebih banyak lagi komunitas.

“Hingga kini sudah sekitar 4 juta pelapak yang sudah bergabung di Bukalapak yang terdiri dari 142 komunitas. Dan untuk komunitas Srikandi Bukalapak, kini sudah mencapai 1.000 orang anggotanya,” papar Ian kepada Lensaindonesia.com, Sabtu (16/02/2019).

Ia menambahkan, terkait dengan kedatangannya di Surabaya ini, pihaknya menggandeng Bank Commonwealth guna menggelar workshop tentang literasi keuangan untuk para wanita pelaku UKM khususnya di Surabaya.

“Kami melihat edukasi tentang pengaturan keuangan serta pengelolaan gaya hidup sehat untuk para Srikandi Pelapak sangat penting. Semiga berbagai pelatihan-pelatihan seperti ini bisa meningkatkan kapasitas diri mereka. Kedepannya, mereka bisa menjadi agent of change bagi para srikandi-srikandi lain untuk aktif, produktif, serta pandai mengatur rumah tangga,” tandas Ian.

Sementara itu, Bayu Irawan, Head of Corporate Communication & Financial Inclusion Bank Commonwealth mengungkapkan, ini merupakan kerja sama yang kedua dengan Bukalapak terkait literasi keuangan. Dan untuk momen kali ini, pihaknya ingin mengedukasikan program WISE untuk edukasi literasi keuangan bagi para wanita.

“Program WISE ini sudah diikuti 3.600 para wanita di tahun 2018. Di sisi lain, untuk WISE yang berbasis aplikasi, kini sudah diunduh oleh 4.700 orang. Ini menunjukkan minat para wanita terhadap literasi keuangan masih tinggi,” tambah Bayu.

Untuk tahun ini, lanjut Bayu, pihaknya berobsesi ingin menambah anggota hingga 2 ribu orang.

Baca Juga:  Ini komentar Mentan terkait Indonesia akan barter sawit dengan beras dan gula dari India

“Kami optimis tahun ini mampu menambah 2 ribu anggota lagi. Se tidaknya penambahan anggota ini akan mampu mendongkrak perekonomian negara melalu para wanita pelaku UKM tentunya,” ucap Bayu.

Sebagai informasi, kerja sama Bukalapak dengan Common Wealth berujung pada penyaluran kredit kepada wanitanpelaku UKM di Indonesia untuk memajukan bisnisnya.

Dan kisaran kredit yang disalurkan oleh Bank Common Wealth berkisar antara Rp 50 hingga Rp 500 juta per usaha. Apalagi saat ini proses kredit Bank Common Wealth sudah mampu secara real time.@Eld-Licom

Foto: Ian Agisti, Community Program Manager Bukalapak saat menjadi pembicara di gelaran workshop dengan Srikandi Bukalapak di Surabaya, Sabtu (16/02/2019). Ist