Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III telah mengklaim layanan digital di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengefisiensi waktu layanan hingga 15 persen. Hal ini terealisasi usai pelaksanaan operasional di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi terpusat melalui Port Operations Command Center (POCC) sejak 6 Desember 2018 lalu.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto memaparkan, sejumlah layanan jadi lebih cepat di antaranya waktu verifikasi permohonan layanan dari semula 1,17 jam menjadi 0,3 jam. Tak hanya itu, waktu tunggu layanan yang semula 13,57 menit menjadi 11,34 menit dan waktu pergantian kapal di dermaga dari 4,42 jam menjadi 3,93 jam.

“Efisiensi waktu layanan ini kami peroleh dari hasil evaluasi 100 hari penerapan POCC di Pelabuhan Tanjung Perak. POCC mampu mengintegrasikan layanan mulai dari pelayanan kapal, barang, penerbitan nota tagihan, dan jasa pendukung lainnya. POCC ini juga terhubung dengan Inaportnet,” tandasnya di Surabaya, Kamis (21/02/2019).

Ia menambahkan, saat ini Pelindo III sedang mempersiapkan pengaplikasian POCC di pelabuhan lain di wilayah kerjanya. Kemudian POCC dijadikan bagian dari Integrated Billing System (IBS) yang akan diterapkan di wilayah kerja Pelindo I-IV.

“Semangat ke depan yakni seluruh pelabuhan di Indonesia terkoneksi di satu layanan, pengguna jasa cukup mengakses satu portal untuk berbagai jenis layanan dari Sabang hingga Merauke. Sistem ini akan diuji coba pertengahan tahun ini,” tegas Putut.@Rel-Licom