Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 0Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk tidak Golput di Pemilu 2019.

Menurut Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin satu suara akan sangat menentukan nasib Indonesia lima tahun ke depan. Karena itu, ia mengingatkan warga Jatim agar menggunakan hak pilihnya dengan baik, meskipun tak mencoblos langsung di daerah asalnya.

“Setiap warga harus memastikan dirinya apakah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Caranya mudah download saja aplikasi www.kpuri2019.go.id dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) nanti akan terlihat masuk di TPS berapa, desa apa dan lain sebagainya,” jelas Machfud Arifin saat dikonfirmasi di Posko TKD Jatim, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jumat (22/02/2019).

Sementara bagi para pekerja yang berada jauh di luar kota, lanjut Machfud, juga bisa tetap memilih dengan cara mengurus pindah coblos sehingga bisa mendapatkan formulir A5 untuk mencoblos di daerah sekitar lokasi kerjanya.

“Saya juga berharap para pengusaha memberikan cuti atau libur saat Pilpres supaya para pekerja bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik,” harap mantan Kapolda Jatim ini.

Lebih lanjut, Machfud menyatakan peta politik di Pilpres 2019 akan sangat berbeda dengan Pilpres 5 tahun lalu, dimana pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mengalami kekalahan di 14 kabupaten/kota di Jatim.

“Daerah-daerah yang Pak Jokowi dulu kalah sekarang hampir pasti akan menang. Tinggal beberapa daerah yang perlu penguatan supaya bisa menang lebih tebal,” bebernya.

Dari sisi partai pengusung, pada Pilpres 2014 silam tidak ada Partai Golkar, PPP dan PBB. Namun di Pilpres 2019 ini ketiga parpol itu masuk koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dari koalisi partai pendukung, jumlah partainya lebih banyak. Bahkan kepada daerah di Jatim yang berasal dari partai pendukung Jokowi-Ma’ruf juga lebih baik sehingga kami optimis akan menang tebal,” klaim Machfud.

Beberapa daerah di Jatim yang mengalami kekalahan di Pilpres 2014 diantaranya, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Bondowoso, Situbondo dan Pacitan.

“Di Madura tinggal Pamekasan dan Sumenep tapi sudah mulai mengarah ke kita. Begitu juga dengan Pacitan progresnya juga baik karena Pakde Karwo ikut mendukung Jokowi-Ma’ruf,” tegas dia.

Untuk mendukung kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jatim khususnya dari kalangan warga nahdliyin, TKD Jatim bersama TKN akan mendatangkan Jusuf Kalla dan KH Maimoen Zubair dari Sarang Rembang di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (23/02/2019) hari ini.

“Kehadiran mereka berdua itu untuk penguatan pemenangan pasangan 01 di Jatim supaya bisa menang tebal,” pungkas Machfud Arifin.@sarifa