Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ketua Kopma Unila jabat di KNPI akan dorong majukan ekonomi daerah
JABODETABEK

Ketua Kopma Unila jabat di KNPI akan dorong majukan ekonomi daerah 

LENSAINDONESIA.COM: Malang melintang di organisasi kepemudaan cukup lama, terutama di bidang koperasi. Akhirnya mengantar putra daerah asal Lampung Agus Effendi, terpilih sebagai Ketua Bidang Koperasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2018-2021.

“Ini adalah amanah, tentunya semaksimal mungkin saya berusaha untuk melakukan pengembangan di bidang Koperasi hingga ke daerah. kepercayaan yang diberikan sebagai Ketua Bidang Koperasi, tentunya bukan hal baru bagi saya. Bersama tim pemuda yang tangguh, akan memberi kontribusi bagi KNPI kedepan,” ujar Agus, usai prosesi pelantikan kepengurusan DPP KNPI oleh Ketua Umum Abdul Aziz dan Sekretaris Jendral Yami Tema Tirtajaya Laoly yang berlangsung di Redtop Hotel dan Convention Center Jakarta, Minggu lalu (17/2/2019).

Organisasi KNPI, baginya bukan hal baru, Agus pernah menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal DPP KNPI periode 2011-2014. Sehingga tak heran jika kini, ia mengemban amanah sebagai Ketua Bidang Koperasi, di organisasi kepemudaan yang lahir dizaman orde baru tersebut.

“Pemuda harus didorong untuk memanjukan ekonomi daerahnya, memanfaatkan potensi ekonomi daerahnya. Sehingga pemuda bisa menjadi pelopor dan penggerak ekonomi daerah,” tutur Agus optimis, Bekasi, Minggu (24/2/2019).

Agus, sapaan akrab, salah satu Putra terbaik asal Lampung Timur, semasa kuliah pernah menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Lampung (Unila) tahun 2001. Skala nasional pun, ia juga pernah memimpin beberapa organisasi koperasi tingkat nasional seperi Ketua Pengawas Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) dan Sekretaris BKPK DEKOPIN Pusat.

Dalam pelaksanaan program bidang koperasi, Agus merencanakan melakukan peningkatan bidang koperasi minimal tiga tibu sumber daya manusia (SDM) pemuda penggerak ekonomi kerakyatan. SDM koperasi harus bisa menerapkan prinsip-prinsip dan ideologi berkoperasi dalam mencapai kemandirian ekonomi.

Baca Juga:  Kronologi meninggalnya siswa TK di Ciputra Waterpark masih simpang siur

Agus, menilai banyak potensi yang harus dikembangkan terutama di wilayah, baik melalui bidang pariwisata, UMKM, pertanian, nelayan dan lainnya di setiap pedesaan atau perkotaan. Seperti apa pengembangannya, Ia mengaku akan mendorong melalui penyuluhan, pelatihan teknis dengan bersinergi bersama stakeholders yang peduli terhadap kemandirian ekonomi pemuda.

Baginya, koperasi tidak asing lagi, dan sudah menjadi bagian dari hidup. Setelah menyelesaikan studi di kampus ternama di Lampung dan meneruskan pendidikan pascasarjana di Universitas Trisakti, Agus tetap menekuni bidang koperasi di tingkat nasional dan berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi.

“Sebagai orang yang lahir dan besar dari desa ujung Timur Lampung, tentunya lebih paham apa yang harus dilakukan untuk kemajuan ekonomi desa melalui Koperasi. Banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui dorongan Koperasi,” ungkapnya.

Lebih jauh dia mengaku, banyak program pemerintah saat ini yang fokus kepada penciptaan lapangan kerja melalui program kewirausahaan, dimana pada minggu lalu tanggal 12 Februari 2019 DPP KNPI bersilaturahmi dengan Menteri Koperasi dan UKM RI.

“Dalam pertemuan itu, Menteri Koperasi dan UKM mengintruksikan DPP KNPI untuk bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pemuda untuk berwirausaha,” bebernya mengingatkan pesan Menteri Koperasi.@Sofie