Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim membangun sinergitas untuk mewujudkan Jatim cepat, efektif, tanggap, transparan dan responsif (CETTAR).

Menurutnya, dalam mewujudkan Jatim CETTAR tidak hanya mengandalkan tupoksi masing-masing OPD. Karena itu harus ada sinergitas antar OPD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, masyarakat wilayah selatan Jatim, dan seluruh masyarakat Jatim.

“Saya ingin kita semua Jatim, Jatim adalah kita. Caranya dengan integritas itu,” tegas Gubernur Khofifah saat Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (25/02/2019).

Dicontohkan, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim semua elemen yang terkait harus bersinergi.

“Kita semua punya tanggung jawab bagaimana menghitung angka partisipasi pendidikan. Tidak bisa hanya dinas pendidikan, dinas kesehatan, asisten perekonomian. Tetapi semua harus bersinergi,” ujar orang nomor satu di Jatim ini.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga menginginkan agar pimpinan OPD bisa memaksimalkan kemampuan dan potensi staf atau tim di lingkungan instansinya masing-masing.

Identifikasikan kemampuan dan potensi maksimal dari staf untuk berkarya di OPD diharapkan dapat mempercepat capaian program CETTAR.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyebut tugas Sekdaprov Jatim ikut mengidentifikasi seluruh staf yang ada di Pemprov Jatim.

“Staf atau tim yang mempunyai kemampuan pastikan bisa dimaksimalkan kemampuannya,” tandas Khofifah yang mantan Mensos ini.@sarifa