Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Arzeti Bilbina, Anggota Komisi X DPR RI: “Startup pertanian di Jatim harus bangkit!”
Bisnis

Arzeti Bilbina, Anggota Komisi X DPR RI: “Startup pertanian di Jatim harus bangkit!” 

LENSAINDONESIA.COM: Arzeti Bilbina, Anggota Komisi X DPR RI meyakini jika startup dari Jatim bakal melesat di tahun ini.

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya para muda yang gigih membuat hingga berkompetisi di bidang startup hingga memperoleh funding (Pembiayaan) dari luar negeri.

Arzeti mengatakan, perkembangan bisnis startup di Indonesia sudah tak bisa dibendung lagi. Apalagi saat ini juga tidak sedikit pelaku startup yang berhasil diinvestasi oleh mancanegara.

“Kita tak perlu anti jika startup dari Indonesia atau bahkan dari Jatim ini difunding oleh pihak luar negeri. Jika memang startup tersebut punya pangsa di luar negeri kenapa tidak?” ujar Arzeti kepada Lensaindonesia.com, Senin (25/02/2019).

Ia menambahkan, yang justru saat ini perlu dibangkitkan adalah startup di bidang pertanian, khususnya buah-buahan. Sebab pangsa pasarnya masih luas dan berpotensi tinggi.

“Produksi buah-buahan di Indonesia masih tinggi. Jika diootimalkan melalui sistem digital atau startup, itu masih cukup bagus pasarnya. Namun, jika di luar negeri kebanyakan buah yang diminati tergolong organik,” tandas Arzeti.

Buah-buahan yang ada di Indonesia, lanjutnya, kebanyakan terbuang percuma jika lagi musimnya. Namun jika belum musim, harga pasti melambung.

“Kan sayang kalau pas musim, buah-buahan tersebut jika sisa pasti t uerbuang banyak. Berbeda jika buah tersebut belum musim, harganya tinggi karena banyak dicari orang,” papar Arzeti.

Terkait kemajuan startup, menurut Arzeti pemerintah perlu mempermudah perijinan dan proses legalitasnya. Apalagi pemerintah sendiri juga berniat mendukung banyaknya muncul startup.

“Memang bener, pemerintah harus lebih mampu menunjang perkembangan startup. Terutama di sistem transaksi lewat fintech, memang perijinan dan untuk memperoleh lisensinya cukup sulit dan butuh waktu. Untuk itu, pemerintah harus permudah hal ini jika ingin perekoniman negara ini lebih maju,” pungkas Arzeti.@Eld-Licom

Baca Juga:  Jaga mutu dan pelayanan, PPS Autoshine Salon Mobil raih ISO 9001

Foto: (Kanan) Arzeti Bilbina di tengah aktifitas bersama masyarakst Jatim. Ist