Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) berhasil merumuskan sejumlah program kerja penting yang segera dilaksanakan oleh seluruh anggotanya di berbagai wilayah di Indonesia.

Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika mengatakan, salah satu pesan penting yang muncul dalam RAkernas adalah AMSI berdiri untuk menguatkan jurnalisme digital yang berkualitas.

“Kita juga ingin memastikan teman-teman pengelola media digital lokal di berbagai daerah di Indonesia mendapat penguatan kapasitas melalui program-program AMSI,” katanya usai Rakernas AMSI di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (02/03/2019).

Disampikan Wahyu, Rakernas AMSI juga membahas sejumlah prosedur baku untuk menjaga profesionalisme organisasi yang menaungi media-media siber terkemuka di Indonesia itu.

“Pedoman standar operasional ini menentukan misalnya bagaimana kita memilih wakil AMSI jika ada undangan untuk berbicara di forum eksternal, bagaimana kita memilih mitra dalam kerjasama penggalian sponsor, misalnya,” kata pemimpin redaksi Tempo.co ini.

“Jadi semua prosedur-prosedur standar ini membuat pengelolaan organisasi menjadi lebih prudent dan lebih berdasaran kesepakatan bersama.”

Program penguatan jurnalisme digital salah satunya dengan memaksimalkan peran AMSI sebagai lembaga verifikasi fakta di masyakarat, di tengah maraknya hoax atau berita bohong yang beredar luas di media sosial.

“Divisi pendidikan misalnya, muncul program untuk menguatkan fitur-fitur periksa fakta atau cek fakta. Saya pikir ini penting menjelang pemilu. Media digital memainkan peran untuk memastikan tidak ada hoax, tidak ada disinformasi yang bisa merusak suasana menjelang pemilu,” kata Wahyu.

“Ke depan hasil rapat kerja ini akan di-follow up oleh rekan-rekan AMSI di wilayah-wilayah. Kita punya 16 wilayah di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Selain membahas program kerja, rakernas ini juga menggelar diskusi mengenai industri digital dan peran media yang menghadirkan sejumlah pakar dan pemilik media massa, Jumat (1/3/2019) kemarin.

Rakernas dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.@LI-13