Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Khofifah naik perahu karet tembus lokasi banjir di Madiun
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Madiun, Kamis (07/03/2019). FOTO: detik
HEADLINE JATIM RAYA

Khofifah naik perahu karet tembus lokasi banjir di Madiun 

LENSAINDONESIA.COM: Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Madiun, Kamis (07/03/2019).

Selama di Madiun, Khofifah yang didampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami dan Wali Kota Madiun terpilih Maidi mengunjungi posko bencana di Kecamatan Balerejo, menemui para korban banjir dan meninjau tanggul sungai yang jebol.

Untuk mencapai lokasi-lokasi banjir, rombongan gubernur menggunakan perahu karet, termasuk saat menuju ke Ponpes Wisma Wisnu yang ada di Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo yang jaraknya mencapai 2 km dari Posko Balerejo.

Setelah sampai di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Gubernur wanita pertama Jatim itu langsung disambut ratusan santri Ponpes Wisma Wisnu.

Dalam kunjungan tersebut gubernur Khofifah memberikan bantuan berupa makanan siap saji serta sejumlah uang. “Saya sudah berkoordinasi dengan bupati bagaimana caranya proses untuk bisa membangun kembali pasca banjir ini. Supaya ponpes ini segera pulih,” imbuh Khofifah di hadapan ratusan santri yang memenuhi halaman ponpes.

Selain itu, Khofifah juga meninjau tanggul Sungai Jeroan yang jebol. Pasalnya dari pemaparan penyebab banjir di Madiun, ternyata penyebabnya adalah meningkatnya debit air sungai Bengawan Solo yang kemudian turun ke Sungai Bengawan Madiun. Kemudian menurunkan debit air yang tinggi ke Sungai Jeroan hingga membuat tnggul jebol dan meluapkan di anak-anak sungai Jeroan di Madiun.

Jalanan berlumpur sepanjang 200 meter menuju lokasi tanggul yang jebol disusuri Gubernur Khofifah sembari melihat derasnya aliran air di Sungai Jeroan. Gubernur perempuan pertama Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, ada dua opsi untuk bisa menangani tanggul yang jebol.

“Kalau mau yang permanen ya lebih baik pakai plengsengan. Kalau nonpermanen bisa pakai tanggul,” kata Khofifah.@LI-13

CAPTION: Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Madiun, Kamis (07/03/2019). FOTO: detik

Baca Juga:  Presiden ajak kaum Ibu ciptakan generasi "jempolan" untuk Indonesia maju