Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Festival Band “Jokowi Satu Kali Lagi”, ini cara Kombatan ‘kompori’ milenial
Entertain

Festival Band “Jokowi Satu Kali Lagi”, ini cara Kombatan ‘kompori’ milenial 

LENSAINDONESIA.COM: Kombatan (Komunitas Banteng Asli Nusantara) “all out” mendekatkan Capres Jokowi dengan generasi milenial, belakangan ini sibuk mempersiapkan ajang Festival Band “Jokowi Satu Kali Lagi”. Festival band melibatkan dewan juri para musisi nasional ini memperebutkan total hadiah Rp 50 juta, dan Thropy Kombatan.

“Jokowi tidak hanya dekat dan peduli terhadap generasi milenial. Tapi, presiden yang harus satu kali lagi ini untuk seni musik sudah jadi bagian dari jiwanya. Sementara itu, festival-festival band yang merupakan medan penempaan para pemilik bakat bidang industri kreatif untuk festival musik ini belakangan surut dan perlu digaungkan kembali. Ini di antara pertimbangan kenapa Kombatan menggelar festival band milenial. menjelang Pilpres 2019,” kata Ketua Umum DPN Kombatan Budi Mulyawan, SH, Jumat (8/3/2019).

Kombatan yang beranggotakan banyak kalangan milinel, diakui Budi Mulyawan yang akrab dipanggil Cepy, belakangan galau melihat kreatifitas festival band secara “off air’ di kota-kota besar yang menyurut akibat pengaruh maraknya panggung-pangung “on air” produk industri digital seperti YouTube dan sosial media yang lain.

“Kami berharap festival band secara off air yang sebelumnya menjadi ajang kreatifitas milineal baik itu pelajar, mahasiswa, maupun pemuda di setiap kota, bisa bangkit kembali,” kata Budi Mulyawan, yang seperti ingin mengompori potensi energy kreatifitas milineal yang meredup .

Festival Band “Jokowi Satu Kali Lagi” ini pendaftarannya sudah berlangsung sejak awal Maret 2019. Rencananya seleksi akan digelar dua hari penuh pada 30 dan 31 Maret mendatang. Seleksi berlangsung di area plasa Sekretariat DPN Kombatan, Jalan Layur No 3, Rawamangun, Jakarta Timur.

“Tidak tertutup kemungkinan seleksi akan diperpanjang dua hari, jika melihat animo peserta khususnya dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten terus membludak,” kata Budi Mulyawan.

Baca Juga:  TaniGroup bersama IPB bakal cetak petani milenial

Ketua penyelenggara Festival Band “Jokowi Satu Kali Lagi”, Munir Setya Agus menambahkan, pihaknya terpaksa memberlakukan persyaratan peserta wajib memenuhi biaya pendaftaran Rp 300 ribu, sebagai bukti keseriusan berproses profesional mengikuti lomba. Ini juga karena pertimbangan agar animo peserta secara kuantitas bisa dikendalikan.

Setiap peserta saat mengikuti sesi seleksi hanya diberi kesempatan menampilkan kemampuan performance-nya membawa satu lagu bebas berbahasa Indonesia. “Jenis lagu bisa dari semua genre musik. Bisa membawakan lagu ciptaaan sendiri, atau lagu-lagu berbahasa Indonesia dari grup-grup musik di Indonesia,” jelas Munir.

Dari hasil seleksi akan diambil 7 nominator untuk ditampilkan pada sesi final yang akan dilangsungkan di Plasa Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. “Malam final nanti juga akan diramaikan musisi-musisi nasional. Selama prosos seleksi hingga final akan ditayangkan live streaming di beberapa sosial media,” kata Munir. @san

Foto:
Presiden Joko Widodo memainkan bass gitar Metallica.

Ketua Umum DPN (dewan Pimpinan Nasional) Kombatan, Budi Mulyawan. @foto:ist