Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang dikenal hingga kancah internasional.
Khususnya soal pengetahuan tentang Islam, mulai dari sejarah para tokoh-tokoh Islam yang tersohor di Jatim, seni tenatng Islam hingga hiburan.

Untuk mewujudkannya, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini akan membangun Islamic Science Park. Rencananya bangunan megah ini akan berdiri di luas tanah sekitar 40 hektare yang berlokasi di sekitar Jembatan Suramadu di sisi Bangkalan, Madura.

“Mimpi saya Islamic Finance Tower ada di Jawa Timur. Disana nanti ada arena edukasinya, art dan entertaimentnya. Saya menyebutnya Islamic Science Park,” ujar Khofifah Indar Parawansa ditemui LICOM usai rapat bersama dengan pimpinan fraksi dan pimpinan DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jumat (08/03/2019).

Hingga saat ini, pihaknya baru menurunkan tim pribadinya untuk survei tempat serta merancang konsep Islamic Science Park tersebut.

“Tim saya sudah turun dan jika sudah siap akan saya limpahkan ke Pemprov Jatim untuk segera dibangun,” ungkapnya.

Mantan Mensos RI akan mendisplay konsep bangunan yang serba digitalal itu pada 17 Maret mendatang bersamaan dengan Milenial Fun World yang berangkat dari Surabaya lewat Jembatan Suramadu.

“Nanti akan didisplay di pojok (kaki) Suramadu area Bangkalan Madura tentang rencana format Islamic Science Park,” beber Khofifah.

Teknisnya nanti, masih kata Khofifah, lahan seluas 40 hektar dimana 20 persen di antaranya akan digunakan untuk edukasi berupa museum islam digital, 30 persen untuk art (seni) dan 50 persen untuk entertaiment.

“Nanti itu intinya semacam Islamic center dengan standar internasional dimana ada hahal foot, halal tourism dan hotel syariah,” imbuh Khofifah.

Pihaknya berharap dengan adanya bangunan ini bukan ditandai hanya fisik monumental saja, tapi tujuan utamanya yakni menjadikan Indonesia khususnya Jatim menjadi pasar syariah internasional, yang selama ini pasarnya dikuasai Malaysia dan London.

“Indonesia itu negara muslim terbesar dunia, karena kita punya mandat Jatim ya kenapa tidak kita tarik saja ke Jatim,” tegas Ketum PP Muslimat NU ini.

Sementara itu, Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim Agus Maimun mengaku sangat mendukung jika Gubernur Jatim Khofifah membuat legacy berupa Islamic Science Park. Alasannya, provinsi Jatim merupakan provinsi terbesar kedua di Indonesia dan mayoritas penduduknya religus.

“Di Jatim juga banyak pondok pesantren dan sekolah yang berbasis keagamaan sehingga sangat cocok jika Jatim memiliki semacam Islamic Science Park,” kata Caleg DPR RI Dapil Tuban-Bojonegoro ini.@sarifa