Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Insiden Ethiopian Airlines libatkan Boeing 737 Max 8, ini sikap PT Garuda Indonesia
Puing-puing pesawat B737 MAX 8 Ethiopian Airlines jatuh di Kota Bishoftu, Ethiopia, Minggu (10/03/2019). FOTI: reuters
HEADLINE JAKARTA

Insiden Ethiopian Airlines libatkan Boeing 737 Max 8, ini sikap PT Garuda Indonesia 

LENSAINDONESIA.COM: PT Garuda Indonesia menyampaikan pernyataan terkait insiden jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines jenis Boeing 737 Max 8 di Ethiopia pada Minggu (10/03/2019) kemarin.

VP. Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan mengatakan, sebagai provider jasa penerbangan yang turut mengoperasikan 1 (satu) armada Boeing 737 Max 8, Garuda Indonesia secara berkelanjutan terus melaksanakan prosedur inspeksi extra serta pemeriksaan berkala lanjutan terhadap fitur-fitur vital penunjang kelaikan armada seperti ; airspeed , altitude system, Flight control system hingga Stall management system dengan catatan hasil inspeksi No Fault Found (dengan hasil baik). Demikian juga Trainning Terhadap Pilot yang secara rutin berkala melaksanakan Proficiency Check di Simulator B 737 Max 8.

Menurutnya, Garuda Indonesia juga terus melaksanakan close review dan berkoordinasi intensif dan memberikan regular report sejak Oktober tahun lalu dengan regulator dalam hal ini Direktorat Jenderal Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan memberikan saran dalam menyikapi adanya insiden penerbangan yang melibatkan armada Boeing 737 Max 8, khususnya dalam memastikan aspek mitigasi dan kebijakan preventif terhadap tata kelola safety armada Boeing 737 Max 8 tetap terjaga.

“Garuda Indonesia juga mengerti dan memahami kekhawatiran penumpang sehingga tetap extra ketat dalam memonitor operasi penerbangannya. Karena itu, sehubungan dengan insiden kecelakaan penerbangan yang terjadi pada armada Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlineskami sampaikan keterangan ini,” kata Ikhsan Rosandalam keterangan pers yang diterima lensaindonesia.com, Senin (11/03/2019).

Berkaitan dengan Surat Edaran yang dikeluarkan sore ini oleh Kementerian Perhubungan RI cq Direktorat Jenderal Perhubungan Udara perihal Temporary Grounded untuk pelaksanaan Inspeksi atas seluruh B737 MAX 8 yang beroperasi di Indonesia, maka Garuda Indonesia melakukan grounded atas pesawat B 737 Max 8 (hanya satu unit) sejak sore ini (11/3) sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga:  Advokat se-Jatim bersatu, sosialisasikan sistem peradilan berbasis digital

“Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional terus berupaya mengedepankan komitmen dan budaya safety dalam seluruh lini operasionalnya. Hal tersebut sejalan dengan value aspek “safety” sebagai “core” operasional perusahaan yang sudah tertanam dalam budaya kerja jajaran karyawan dan lini operasional Garuda Indonesia,” pungkas Ikhsan Rosan.@rudi