Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Bertempat di Lounge Baxter Smith, Jakarta, Senin (11/3/2019) Manna Records, sebuah boutique label records di Jakarta, rapper legendaris Indonesia, Iwa K, meluncurkan sebuah single kolaborasi ber-genre hip hop dengan judul Beda.

Projek kolaborasi ini lahir dari idealisme setiap pihak yang terlibat untuk menghasilkan sebuah lagu yang membawa pesan-pesan positif bagi masyarakat.

Manna Records sendiri adalah sebuah perusahaan records label yang baru hadir di kancah musik Indonesia dan merupakan anak perusahaan dari MannaInc, sebuah perusahaan audio post-house yang fokus pada music scoring untuk iklan TV, digital, Radio dan film.

Bona Palma, Co-Founder Manna Records, mengatakan bahwa kecintaan terhadap Bumi Pertiwi Indonesia adalah motivasi terbesar menciptakan lagu ini.

“Fondasi utama bangsa yakni Pancasila dengan slogan Bhinnneka Tunggal Ika adalah insipirasi utama lagu Beda. Sebanyak 17 ribu lebih pulau dengan beragam suku, ras, bahasa, dan agama, inilah nusantara yang sesungguhnya,” ujar Bona.

Bekerjasama dengan Iwa K, kata Bona, merupakan mimpi sejak lama yang ingin dijalani.

“Lagu ini kami harap bisa menjadi pemecah kebisingan yang ada sekarang mengenai perbedaan. Dapat menjadi suara persahabatan, suara perdamaian, suara cinta, suara yang mengingatkan lagi bahwa kita semua satu saudara di bawah merah putih. Bahwa perbedaan dan kemajemukan adalah bagian dari jati diri kita sebagai orang Indonesia. Bermula dari angan-angan saat sketsa lagu Beda mulai terbentuk, kami merasa memerlukan sosok yang tepat untuk mengangkat spirit lagu ini. Pucuk dicinta ulam tiba, saat Iwa K mendengar demo sketsa-nya dia langsung suka. Sebuah kebanggaan bisa bekerja dengan seorang musisi sekaliber beliau,” cerita Bona.

Sementara itu, Iwa K, rapper legendaris Indonesia, merasa senang diajak berkolaborasi untuk meluncurkan single Beda ini.

Dalam single Beda ini, Iwa mencoba bertutur tentang pentingnya bersikap yang didasari oleh cinta dan juga jati diri nusantara untuk memanusiakan manusia dalam menjalani keberagaman.

“Saya pribadi merasakan bahwa keberagaman adalah harta yang luar biasa yang diberikan oleh yang Maha Kuasa. Beda itu menjadi indah bila kita sanggup memahaminya. Beda menjadi berbeda dari lagu-lagu saya sebelumnya karena sebenarnya musik dan beat lagu ini berada di luar ‘zona nyaman’ gaya ngerap saya, namun tidak dipaksakan. Malah saya menikmati proses pembuatan lagu ini bersama dengan Manna Records. Projek kolaborasi Manna Records menjadi seperti memberi sebuah energi baru dalam perjalanan berkarya saya,” kata Iwa.

Hal menarik, dalam single baru ini terdapat featuring seorang rapper muda bernama Mario Z untuk berduet dengan Iwa K.

“Kami melihat kehadiran Mario Z dalam lagu ini dapat memproyeksikan semangat lagu Beda sendiri, yaitu seorang rapper yang berbeda dari Kang Iwa, berbeda generasi, berbeda style, tetapi dengan kualitas dan kemampuan rap yang hebat. Kami yakin Mario Z adalah the next big thing di dunia rap Indonesia,” imbuh Bona.

Single Beda ini sengaja dirilis pada tanggal 11 Maret, mengingat bahwa pada tanggal itu di tahun 1966 pernah terbit sebuah dokumen yang cukup terkenal, benama Surat Perintah 11 Maret (SUPERSEMAR).

“Saya memberikan makna baru terhadap kata SUPERSEMAR, menjadi Surat Persatuan Sebelas Maret,” ungkap Iwa K mengakhiri.@Rudi

CAPTION: 
Rappet Iwa K bersama wartawan lensaindonesia.com Rudi Purwoko usai peluncuran single ‘Beda” di Lounge Baxter Smith, Jakarta, Senin (11/3/2019). FOTO: rudi-LICOM