Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Puluhan aktifis dan pemerhati ekonomi kerakyatan ini curhat ke anggota Komisi X DPR RI Suryo Alam di Desa Wisata Banjarsari, Kecamatan Bandarkedumulyo, Kabupaten Jombang. Mereka mendorong agar perkembangan ekonomi desa melalui ikon wisata bisa menjadi kebutuhan masyarakat, Jumat (15/03/2019).

Kordinator Pemerhati Desa Wisata, Ahmad Suhaib mengatakan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung di Banjarsari Agro Wisata dengan salah satu anggota DPR RI Suryo Alam ini untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan program-program tentang pariwisata sebagai penopang ekonomi masyarakat pedesaan.

“Ada temen-temen dari pengelola wisata di Kecamatan Wonosalam, Kudu, Megaluh, Plandaan, Ngusikan, Kudu, dan Mojoagung. Selain itu, ada dari temen-temen aktifis dan pemerhati ekonomi kerakyatan. Kita menginginkan ada sumbangsih bagi peningkatan kualitas ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan wisata desa,” bebernya.

Anggota DPR RI dari Komisi X, Suryo Alam mengaku sangat berterima kasih, kedepan kita akan mengupayakan bagaimana Desa bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat melalui pengembangan wisata desa. Banyak sekali potensi wisata di Indonesia yang jika dikelola dengan benar menjadi sumber pendapatan masyarakat.

“Komunitas yang peduli dan penggerak wisata diJombang ini meminta saya untuk mendukung program pengembangan wisata desa. Kita tahu, banyak sekali di Jombang tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, baik peninggalan sejarah yang bisa menjadi tempat berlibur keluarga bagi wisatawan nasional yang berkunjung ke Jombang,” terangnya.

“Kita siapkan SDM yakni masyarakat yang peduli, dan menyelaraskan dana desa agar bisa dikelola dialokasikan untuk menghidupkan wisata desa. Juga mendorong kepada kepala daerah agar bisa menjadi prioritas, dari kehendak masyarakat yang riil dalam program pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarsari Basarudin berharap dukungan semua pihak termasuk legislatif dan eksekutif bagaimana langkah dan kreasi pengusaha dan pemerhati wisata ini mendapat apresiasi. Tanpa dukungan merealisasikan program pengembangan ekonomi wisata tidak akan berjalan.@Obi