Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Petinggi Facebook dan WhatsApp mengundurkan diri
Chief Product Leader Facebook Chris Cox dan Vice President WhatsApp, Chris Daniels. FOTO: Istimewa
HEADLINE TECHNO

Petinggi Facebook dan WhatsApp mengundurkan diri 

LENSAINDONESIA.COM: Chief Product Leader Facebook Chris Cox dan Vice President WhatsApp, Chris Daniels mengundurkan diri dari Facebook Inc.

Pengunduran diri petinggi Facebook dan WhatsApp tersebut disampaikan CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Pengunduran diri Chris Cox dan Chris Daniels dilakukan beberapa saat setelah setelah Zuckerberg mengumumkan rencana besarnya untuk mentransformasi seluruh jejaring sosialnya dengan sistem enkripsi mirip SMS.

“Saya ingin membagikan pembaruan terpenting saat kami sedang mengelola perusahaan kami untuk membangun platform sosial yang fokus pada privasi yang saya bahas minggu lalu,” tulis Zuckerberg, mengawali pengumuman mundurnya Cox dan Daniels.

Cox sendiri telah bergabung dengan Facebook lebih dari satu dekade. Pada 2005, ia memilih untuk meninggalkan studi pascasarjananya di Universitas Standford, lalu bergabung dengan Facebook sebagai teknisi software.

Cox berjasa mengembangkan fitur News Feed di Facebook. Selain itu, ia juga berperan dalam pembuatan tim sumber daya di Facebook, mengepalai tim desain dan produk, menjalankan aplikasi, serta mengawasi seluruh aplikasi di bawah naungan Facebook.

“Dia (Cox) adalah orang paling bertalenta yang saya kenal dan memiliki potensi untuk melakukan sesuatu yang ia mau,” kenang Zuckerberg. Kata Zuckerberg, Cox merupakan sosok yang sangat penting. Ada banyak kemajuan yang telah dikembangkannya bersama Cox, termasuk pembuatan layanan enkripsi dan interoperabilitas antarmuka di seluruh layanan di Facebook. Di saat yang bersamaan, Chris Daniels yang mengomandoi aplikasi WhatsApp juga undur diri.

Menurut Zuckerberg, Daniels berjasa membangun model bisnis WhatsApp untuk masa depan. “Chris adalah pemikir yang jelas dan berprinsip yang pernah saya temui. Bantuannya dalam menavigasi segala tantangan yang kami hadapai sangat mengesankan,” tulis Zuckerberg, dirangkum KompasTekno dari Newsroom Facebook, Jumat (15/03/2019).

Baca Juga:  KPK tetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka

Ditinggal dua sosok penting saat mulai dengan visi bisnis baru membuat Facebook harus segera mencari pengganti untuk mengisi posisi yang kosong. Untuk menggantikan Daniels, Zuckerberg menunjuk Will Cathcart, Vice President of Product Management. “Will adalah pemimpin bertalenta di perusahaan kami, selalu fokus memecahkan masalah paling penting untuk orang-orang dan melihat dengan jernih tantangan yang kami hadapi,” ujar Zuckerberg. Zuckerberg juga mengumumkan pengangkatan Head of Video Games and Monetization Fidji Simo sebagai Head of Facebook Apps.

Simo dan Cathcart telah bekerja sama untuk membuat alat pengunggah video dan konten video profesional ke Facebook. Dari situlah, Facebook mulai menjaring banyak penonton dan pundi-pundi lain dari iklan video. Semua aplikasi di bawah naungan Facebook selama ini diawasi oleh Cox dan Javier Olivan. Olivan sebelumnya bertanggung jawab untuk layanan utama semua produk, seperti keamanan dan integrasi, analitik, pertumbuhan, dan iklan.

“Ini merupakan perubahan penting saat kami memulai babak baru dalam membangun fondasi sosial yang fokus pada privasi di masa yang akan datang,” lanjut Zuckerberg. Baik Zukckerberg maupun perwakilan WhatsApp enggan membeberkan apa yang menjadi alasan Cox dan Daniels mundur dari Facebook.Inc.@LI-13