Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin menyampaikan, pihaknya akan menyediakan program dana abadi riset dan kebudayaan. Dana abadi ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan kebudayaan dan riset di Indonesia.

“Selain itu juga selain anggaran yang tersedia, bahwasanya kita akan menyiapkan dana abadi kebudayaan supaya kebudaayaan makin berekembang. Selain dana abadi pendidikan, dana abadi riset dan kebudayaan ini juga untuk mengembangkan kebudayaan,” ujar Ma’ruf Amin dalam Debat Pilpres Putaran III di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/03/2019).

Pengembangan kebudayaan disebut Ma’ruf juga sudah ditunjukkan lewat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Lewat Bekraf, kebudayaan Indonesia disebut Ma’ruf makin berkembang.

“Sekarang Bekraf, dengan Bekraf kita akan mengembangkan kebudayaan dan festival kebudayaan di berbagai negara, ini cita-cita besar,” sambungnya.

Ma’ruf menegaskan kunci pengembangan kebudayaan dengan program berkesinambungan. “Akan kita lakukan konservasi budaya, pelestarian budaya, dan kita akan melakukan globalisasi budaya ke dunia luar supaya lebih terkenal lebih berkembang,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf Amin juga berkomitmen membentuk Badan Riset Nasional. Lembaga itu dianggap penting mendukung Indonesia menjadi negara maju.

“Kami kembangkan riset dengan mengoordinasikan semua alokasi dana. Sementara terbagi dengan berbagai kementerian dan lembaga, nanti akan kita satukan jadi suatu koordinasi Badan Riset Nasional,” katanya.

Ma’ruf menjelaskan riset menentukan maju mundur suatu negara. Ia akan melihat perkembangan dunia riset Indonesia.

Bila riset dilakukan efektif, dia bakal menyediakan dana riset abadi, dana riset kebudayaan, dan lain-lain.

“Dengan berbagai upaya itu kami yakin riset kita di masa yang akan datang akan memajukan kita,” ucap Ma’ruf.

Penjelasan itu diberikan ketika Ma’ruf menjawab pertanyaan soal prediksi pndapatan domestik bruto Indonesia akan masuk lima besar dunia pada 2045. Riset menjadi isu penting dalam bidang itu.@LI-13

CAPTION: Penampilan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin dalam Debat Pilpres Putaran III yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu malam (17/03/2019).FOTO: detik