Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Tahun ini, Pelindo III targetkan14 kapal pesiar internasional berlabuh di laut wisata Lombok
Bisnis

Tahun ini, Pelindo III targetkan14 kapal pesiar internasional berlabuh di laut wisata Lombok 

LENSAINDONESIA.COM: Tahun 2019, Pelindo III menargetkan 14 kapal pesiar internasional berlabuh di gerbang laut pariwisata Pulau Lombok.

Sebab sebelumnya, jumlah kunjungan cruise di Pelabuhan Lembar mencapai 8 kapal pada 2017. Lalu meningkat tipis menjadi 9 kapal di tahun 2018.

Hal ini dipicu dari kunjungan kapal pesiar Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kembali menerima kedatangan kapal pesiar internasional MV. Sun Princess waktu lalu.

Kapal ini berlabuh pada rute dari Pelabuhan Darwin di Australia menuju ke Pelabuhan Phu My di Ho Chi Minh City, Vietnam.

“Cruise itu membawa 2.191 penumpang turis mancanegara dengan 855 orang kru kapal. Panjang badan kapal mencapai 261 meter dengan tinggi 56 meter dan berbobot hingga 77.441 groston. MV. Sun Princess ini tergolong cruise mewah dan dioperatori kru yang berpengalaman. Ini menunjukkan Pulau Lombok tetap menjadi destinasi wisata pilihan di industri wisata kapal pesiar,” ujar Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat, dari keterangan resminya, Senin (18/03/2019).

Ia menambahkan, Pelindo III selaku operator terminal pelabuhan memaksimalkan layanan. Diantaranya menyediakan lokasi perbelanjaan aneka kerajinan dari para UKM sebagai layanan tambahan bagi para turis.

“Kami mengajak sejumlah UKM untuk membuka semacam artshop, karena banyak turis yang mencari oleh-oleh khas lokal,” ujar Faruq Hidayat.

Pelindo III juga sedang membangun Terminal Gili Mas sebagai perluasan area layanan di Pelabuhan Lembar. Terminal tersebut akan menjadi multipurpose terminal yang melayani bongkar muat peti kemas dan pelayanan kapal pesiar internasional yang berkapasitas penumpang hingga 4.000 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, NTB, Lalu Mohammad Faozal menyampaikan, sejumlah bus telah disiapkan untuk sarana transportasi untuk tur wisata. Sisanya, ada yang berwisata sendiri menggunakan taksi atau kendaraan yang dipesan secara pribadi.

Baca Juga:  Gelar aksi damai, mitra pengemudi minta kantor Gojek Semarang dibuka lagi

“Destinasi yang akan dikunjungi yakni wilayah Pantai Senggigi, Sesela, Lingsar, Taman Pura Narmada, Sukarare, dan desa adat Sasak Sade,” jelasnya.

Guna menunjang lancarnya kunjungan cruise, lanjutnya, Dinas Pariwisata Provinsi NTB selalu bekerjasama dengan instansi terkait untuk menyiapkan 3A yakni atraksi, amenitas, aksesibilitas atau ragam atraksi wisata, fasilitas penujang akomodasi, dan konektivitas infrastruktur untuk mencapai destinasi.

“Pemerintah mengordinasikan kerja sama antar seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Lombok. Agar melalui hubungan dinamis maka kerja sama demi pengembangan pariwisata bisa terarah dan bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Lombok,” pungkasnya.@Rel-Licom

Foto: Para wisatawan mancanegara yang dibawa kapal pesiar internasional MV. Sun Princess waktu lalu. Ist