Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pakde Karwo terima gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Pendidikan Islam
Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo enerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) Bidang Ilmu Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Rabu (27/03/2019). FOTO: sarifa-LICOM
DOKUMEN

Pakde Karwo terima gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Pendidikan Islam 

LENSAINDONESIA.COM: Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) Bidang Ilmu Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Gelar ini diraih atas komitmennya dalam pemberdayaan para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pengembangan Madrasah Diniyah di Jatim.

Pakde Karwo mengungkapkan, dirinya telah menjalankan kebijakan Pendidikan Diniyah Pesantren di Jatim selama periode 2006-2018 bertemakan “Rekonstruksi Pendidikan Diniyah Pesantren, Model Pendidikan Berbasis Spiritual”.

Menurutnya, solusi bagi persoalan krisis kemanusiaan yang ditimbulkan oleh pengembangan sains dan teknologi yakni dengan kembali kepada pendidikan spiritual.

Salah satunya dengan membentuk Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) yang berisi para praktisi dan akademinsi pendidikan Islam di Jawa Timur.

“LPPD ini sengaja dibentuk untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada dan perumusan pengembangan pendidikan diniyah yang lebih komprehensif,” terang Pakde Karwo dalam orasi ilmiahnya sebagai Doktor Honoris Causa (HC) Bidang Ilmu Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Rabu (27/03/2019).

Pakde Karwo juga mengaku tidak mempunyai target apapun dengan pemberian gelar doktor honoris causa ketiganya ini. Ia hanya ingin agar di Jatim ada model pendidikan yang menggabungan antara agama dan sains.

“Kita kan ingin nyasak salafiah menjadi salah satu model pendidikan yang luar biasa. Basisnya luar biasa. Tinggal menambah stuktur sains teknologi itu kan. Kalau itu digabung jadi satu manifes sehari-hari kita pasti sangat luar biasa,” cetus Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ni.

Dalam acara ini turut hadir yaitu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardar serta perwakilan DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang juga Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat.

Khofifah ikut memberikan selamat dan apresiasi. Apalagi, pemberian gelar ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kebijakan Pemprov Jatim sejak jaman Imam Utomo hingga Pakde Karwo.

“Oleh sebab itu, sekali lagi saya mohon restu untuk meneruskan kebijakan Pakde Karwo untuk membawa Pemprov Jatim semakin sejahtera,” ujar Khofifah.

Sementara, Promotor Gelar Doktor Honoris Causa dari Pascasarjana UINSA Ahmad Zahro mengatakan Pakde Karwo merupakan tokoh ketiga yang menerima gelar Doktor HC dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Yang pertama yakni Almarhum KH. Hasyim Muzadi yang pada saat itu menjabat sebagai PBNU dan dikukuhkan sebagai Doktor Honoris Causa di bidang Ilmu Peradaban Islam.

Tokoh kedua, lanjut Zahro yaitu Imam Nahrawi yang masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI. Dan yang ketiga yakni Pakde Karwo yang dikukuhkan sebagai Doktor Honoris Causa di Bidang Pendidikan Agama Islam.@sarifa