Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Perlakuan khusus terhadap terdakwa ujar kebencian Ahmad Dhani Prasetyo sebelum menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya mendapat sorotan dari praktisi hukum, Fatni SH.

Sebelum menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan tiga saksi ahli yang dihadirkan kuasa hukum terdakwa, Kamis siang (28/02/2019), Ahmad Dhani tampak berada di ruang singgah jaksa. Pentolan band Dewa 19 yang juga politisi Partai Gerindra itu tidak ditempatkan di sel tahanan pengadilan seperti para terdakwa lainya yang menungu giliran sidang.

Fatni SH mengatakan, Ahmad Dhani yang merupakan tahanan negara, sudah melekat praduga bersalah pada dirinya. Seharusnya dia ditempatkan di sel tahanan pengadilan sebalum menjalani sidang.

“Dalam diri Ahmad Dhani melekat status terdakwa dan dirinya juga menjadi tahanan negara, yang dipinjam dari Lapas Cipinang Jakarta timur, dan saat ini medekam di Rutan Medaeng. Seharusnya, statusnya disamakan dengan terdakwa lainnya saat akan menjalani sidang. Dia harusnya ditempatkan di sel Tahanan, bukan di ruang Jaksa,” terang Fatni.


Terdakwa ujaran kebencian Ahmad Dhani ngobol di ruang transit jaksa Pengadilan Negeri Surabaya sebelum menjalani sidang, Kamis siang (28/02/2019). Politisi Partai Gerindra ini tidak ditempatkan di sel pengadilan seperti para terdakwa lain. FOTO: rofik

Fatni juga menjelaskan, dalam perlakuan terhadap Ahmad Dhani yang ditempatkan di ruang Jaksa, memang tidak tercantum pada Undang-undang, namun kesetaraan dengan terdakwa lain harus diterapkan.

“Kita melihat pada terdakwa korupsi di Pengadilan Tipikor, meskipun terdakwa merupakan orang penting, namun saat akan menjalani sidang, tetap ditempatkan dalam sel terlebih dahulu bukan di ruang jaksa (ruang transit jaksa),” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Arief Hidayat, penempatan Ahmad Dhani di ruang Jaksa sebelum menjalani sidang merupakan bentuk perlakuan istimewa, yang seharusnya disamakan dengan terdakwa lainnya.

“Kalau memang demi keamanan, apa bedanya di rutan Medaeng sama tahanan di sini (pengadilan), ini sangat diistimewakan,” ungkapnya.

“Seharusnya sebelum menjalani sidang,Ahmad Dhani ditempatkam di sel tahanan terlebih dahulu, bukan di ruang transit jaksa. Wajib disamakan dengan terdakwa lainnya donk,” pungkasnya.@rofik