Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Persebaya Surabaya memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2019 setelah memetik kemenangan 3-1 atas PS Tira Persikabo Bogor, Jumat (29/03/2019).

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu, Persebaya mampu tampil gemilang.

Di hadapan publik sendiri, para anak asuh Djadjang Nurdjaman itu pun mampu unggul cepat saat bebak pertama baru berjalan dua menit. Gol pembuka Green Force dicetak melalui aksi akrobatik Manuchehr Jalilov.

Gol berawal dari umpan crosing dari Amido Balde, kemudian Irfan Jaya melakukan sundulan yang mengarah ke Dzhalilov dan diselesaikan dengan tendangan salto yang cantik. Persebaya unggul 1-0.

Persebaya kembali mendapatkan peluang pada menit ketujuh lewat tedangan bebas tetapi bisa diamankan oleh kiper Tira-Persikabo, Angga Saputro.

Pada menit ke-24, Tira-Persikabo memiliki peluang lewat tendangan bebas, namun bola masih bisa diamankan Miswar Saputra.

Memasuki menit ke-40 kedua tim saling melakukan jual beli serangan.

Pada menit ke-41, Wawan Febrianto melakukan tendangan keras namun Miswar Saputra dapat menangkap bola dengan mudah.

Sampai wasit meniupkan peluit akhir babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Di babak kedua, pertandingan berlangsung lebih agresif dan pada memasuki menit ke-40 kedua tim saling melakukan jual beli serangan.

Pada menit ke-41, Wawan Febrianto melakukan tendangan keras namun Miswar Saputra dapat menangkap bola dengan mudah.

Sementara itu, Pada menit 62 Osas Saha menyamakan kedudukan jadi 1-1 buat PS Tira Persikabo.

Nyaris bermain imbang hingga akhir pertandingan, Persebaya mengunci kemenangan di menit-menit akhir. Dua gol bisa dicetak Persebaya jelang peluit panjang.

Pada akhirnya, nasib sial datang untuk tim tamu di menit ke-86 setelah Osvaldo Haay dijatuhkan di kotak penalti. Persebaya mendapatkan hadiah penalti dan Damian Lizio yang menjadi eksekutor sukses membuat Persebaya kembali unggul menjadi 2-1.

Tuan rumah berhasil menambah keunggulan pada menit ke-90 lewat sepakan dari Amido Balde. Di saat itu ada dua kartu merah yang diberikan untuk Rifad Marasabessy dan Manahati Lestusen.

Akhirnya skor 3-1 untuk Persebaya bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir babak kedua.

Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman mengatakan masih banyak evaluasi yang harus dilakukan setelah menang dramatis dari PS Tira Persokabo 3-1, Jumat 29 Maret 2019.

“Babak kedua sedikit mengendur, sehingga kami tertekan dan kebobolan. Ini yang akan kami evaluasi, karena kami masih belum sempurna,” kata Djanur usai pertandingan.

Sementara itu, soal performa striker Persebaya, Amido Balde, Djanur akan kembali mengasah kemampuannya. Supaya pemain tersebut kembali tajam di depan.

“Soal Balde mungkin akan saya koreksi lagi, meskipun tadi mencetak gol,” kata Djanur.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Persebaya berhak melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2019. Mereka diprediksi akan menghadapi Kalteg Putra.@fredy

SUSUNAN PEMAIN:

Persebaya: Miswar Saputra, Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (Syaifuddin 65’), Fandi Eko Utomo (M. Hidayat 75’), Misbakus Solihin, Damian Emanuel Lizio, Irfan Jaya (Osvaldo Haay 75’), Amido Balde, Manuchehr Jalilov (Oktafianus Fernando 85’)
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PS Tira-Persikabo: Angga Saputra, Rifad Marasabessy, Khurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo, Abduh Lestaluhu, Ciro Alves, Guntur Triaji (Manahati 55’), Parfait Essengue, Wawan Febrianto (Ekaputra 84’), Osas Marvelous Saha, Loris Arnaud
Pelatih: Rahmad Darmawan

CAPTION: 
Gol tendangan salto Manuchehr Jalilov membuka kembuka kemenangan bagi Persebaya Surabaya atas PS Tira Persikabo dalam laga babak delapan besar Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (29/03/2019). FOTO: dok.persebaya