Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peran Indonesia dalam menangani kasus Rohingya membuahkan hasil. Karena itu, kata Jokowi, rencana repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh ke Myanmar mulai dilakukan.

“Alhamdulillah desakan kita terhadap pemerintah Myanmar untuk menyelesaikan repatriasi mulai memberikan hasil,” kata Jokowi dalam Debat Keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta, Sabtu (30/03/2019).

Jokowi berharap proses menjembatani yang dilakukan dapat menambah peran Indonesia dalam perdamaian dunia.

Jokowi menuturkan dirinya telah mengunjungi kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazaar, Bangladesh. Dia mengatakan telah melihat sendiri kondisi sekitar 1,1 juta pengungsi di sana.

Presiden ke-7 RI itu mengatakan telah tiga kali menyampaikan di forum ASEAN untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya tersebut.

“Saya tegaskan untuk memberikan bantuan, mencari solusi untuk saudara kita Muslim Rohingya yang tinggal di tenda-tenda Cox’s Bazaar,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, ASEAN Humanitarian Assistant Center (AHA Center) telah masuk ke Rakhine, Myanmar. Mereka akan membantu proses repatriasi para pengungsi dari Bangladesh ke Myanmar.@LI-13