Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Nobat debat Capres, Relawan Milenial Jatim ajak anak muda melek politik
Koordinator Relawan Ini Kerjaku Muhammad Ali Affandi mengajak generasi milenial nonton debat capres, Sabtu (30/03/2019) malam. FOTO: sarifa-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Nobat debat Capres, Relawan Milenial Jatim ajak anak muda melek politik 

LENSAINDONESIA.COM: Koordinator Relawan Ini Kerjaku Muhammad Ali Affandi mengajak kalangan milenial di Jawa Timur melek politik dan menentukan pilihannya di Pilpres 2019.

Salah satunya dengan menggelar nonton bareng (nobar) debat calon presiden (Capres), Sabtu (30/03/2019) malam.

“Kami dari relawan ‘Ini Kerjaku’ dan ‘Kita Satu’ berharap agar awareness anak-anak muda, terutama pemilih pemula, terhadap Pilpres semakin meningkat. Jangan Golput, dan setelah nonton debat tadi malam, kami harapkan anak-anak muda semakin melek politik,” ujarnya pada LICOM.

Ia menilai selama ini banyak anak muda apatis kepada politik lantaran melihat ruang-ruang publik begitu sesak dengan caci maki, terutama di dunia maya. Akhirnya, kaum muda jengah dan tak peduli pada proses politik. Padahal, Pilpres adalah momen penting utuk menentukan masa depan Indonesia.

“Karena itu, lewat nobar debat ini, kita tunjukkan sebenarnya politik itu asyik. Makanya kami bikin ada live music, kuis, talkshow, dan sarana networking antar komunitas yang kumpul bersama malam ini. Alhamdulillah, banyak anak muda yang tertarik,” cetus Andi (sapaan akrab Ali Affandi).

Sebagai relawan Jokowi, Andi menyebut nobar debat ini digelar sebagai bagian dari edukasi politik ke anak muda tentang kerja nyata Jokowi dan program keberlanjutannya.

Ditambahkan, Koordinator Relawan Kita Satu Abraham Sridjaja, nobar debat Capres sengaja digelar untuk memfasilitasi anak-anak muda dalam mencari siapa capres terbaik.

“Barangkali ada yang belum punya pilihan, nah silakan lihat debat. Kita bahas juga bagaimana Pak Jokowi bekerja nyata selama ini. Akhirnya kita harap mereka berlabuh ke pasangan 01,” jelas Abraham.

Ia melanjutkan saat ini kalangan milenial memegang peran kunci dalam politik. Selain karena jumlahnya yang besar, milenial juga aktif di media sosial yang bisa saling memengaruhi pilihan politik rekan-rekannya di dunia maya.

Baca Juga:  139 perusahaan diapresiasi Pelindo III di “Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri”

“Jadi lewat nobar yang kami kemas atraktif, milenial bisa mendapat pemahaman secara komprehensif dalam nuansa yang fun. Maka kami harapkan mereka bisa memenuhi dunia maya dengan konten positif soal kinerja dan program Jokowi,” imbuh dia.

Dalam nobar debat tadi malam, juga digelar talkshow dengan membincangkan berbagai hal terkait tema debat, mulai pemerintahan, ideologi negara, pertahanan dan keamanan, hingga hubungan internasional.

Hadir sebagai pembahas antara kain Ketua GMNI Jatim Nabrisi Rohid, Ketua PMII JATIM Abdul Ghoni, Ketua Badko HMI Jatim Yogi Pratama dan Presiden Mahasiswa Unmer Surabaya M. Fahmy Asari.@sarifa