LENSAINDONESIA.COM: Warga di sekitar rel kereta api kawasan Ketintang Surabaya menyambut antusiashadirnya Komunitas Arek Blusukan Suroboyo (KareB’S) dalam door to door calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Warga meminta stiker foto pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin untuk ditempelkan di masing-masing rumahnya.

Hal itu terlihat saat rombongan yang dihadiri sesepuh Jawa Timur Dr Tjuk K Sukiadi di kampung yang populer dengan sebutan “Railwayside Ketintang” itu pada Minggu pagi (31/03/2019).

“Pak kulo nyuwun stikernya, mau kita tempelkan di rumah kita dan tetangga,” kata Andin pemilik Warkop CSDW yang dipakai posko blusukan tersebut.

Tokoh Ksatria Airlangga itupun tampak gembira. Wajahnya semringah. Senyumnya mengembang. Kegembiraan itu dibuktikan tidak hanya stiker. Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK), mulai stiker, kaos, jas hujan hingga kalender, tabloid dan lap meja kotak-kotak berstempel Jokowi-Amin yang dibawa puluhan relawan, serta merta diberikan.

Menurut Tjuk Sukiadi kemenangan Jokowi harus dimenangkan relawan. “Ayoo kita bahu membahu untuk memenangkan 01 dengan cara santun dan bermartabat,” tegas dosen yang malang melintang didunia aktivis itu.

Mendengar ungkapan tokoh senior itu, tanpa diminta, warga ikut membantu mengetuk rumah tetangganya yang masih tutup.

Tak terkecuali Ny Sumiarsih, Ketua RT 02, RW 02 Kelurahan ketintang, Kecamatan Gayungan. Wanita 49 tahun itu malah mengajak tetangganya menempelkan stiker yang dibawa relawan dari berbagai elemen itu.

“Emak-emak ini merasa kasihan pada Pak Jokowi,” terang ibu satu anak pada rombongan KareB’S seraya mengenakan kaos bergambar Jokowi.

Orang sebaik Pak Jokowi, katanya lebih lanjut, terus diolok-olok. Dijek-jelekkan hingga difitnah-fitnah. Padahal, terangnya lagi, kerjanya nyata dan sudah dirasakan masyarakat luas. Salah satu bukti, kampung yang ditinggali cukup lama dulunya kumuh. Jika musim hujan tiba, tergenang air dan jeblok.

“Dua tahun ini sudah dipaving semuanya. Coba lihat sendiri, itu lho. Bersih dan rapi kan,” paparnya seraya menunjukkan kampung yang setiap jam dibisingkan oleh bunyi kereta api yang lewat.

Inilah alasan warganya akan memilih pasangan capres 01 dalam Pilpres 17 April mendatang. Bahkan, Sumiarsih bertekad menyampaikan keberhasilan kepemimpinan Presiden Jokowi pada RT lain di sekitar perkampungannya.

Sementara itu, koordiantor KareB’S Ita Siti Nasyi’ah menyebutkan, antusiasme warga rel KA di Ketintang menjadikan teman-temannya makin bersemangat menaikkan suara pasangan 01 hingga 70% .

“Teman-teman kembali minta blusukan minggu depan, agar suara pak Jokowi-Makruf Amin terus naik signifikan,” kata Ita yang juga inisiator berdirinya Relawan Jokowi Ma’ruf Amin (RJM). Sebelumnya, KareB’S gabungan dari berbagai relawan 01 sudah blusukan bersama ke kampung eks Dolly dan kampung Pecinan Kapasan Surabaya.@LI-13