Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Optik Tunggal bagikan 90 kacamata bagi penderita Katarak Kongenital
Chairman Optik Tunggal Sempurna, Alexander F Kurniawan. FOTO: rudi-LICOM
HEADLINE HEALTH

Optik Tunggal bagikan 90 kacamata bagi penderita Katarak Kongenital 

LENSAINDONESIA.COM: Optik Tunggal, jaringan bisnis optik dan kacamata ternama di Indonesia akan membagikan 90 kacamata khusus bagi anak penderita Katarak Kongenital di seluruh Indonesia.

Chairman Optik Tunggal Sempurna, Alexander F Kurniawan mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terkait ulang tahun ke-90 Optik Tunggal.

Menurutnya, katarak kongenital kurang begitu dikenal masyarakat umum. Katarak Kongential ini sendiri merupakan kekeruhan lensa mata yang terjadi sejak lahir yang disebabkan berbagai faktor yang apabila tidak segera ditangani akan sangat berbahaya karena merupakan penyebab utama timbulnya kebutaan pada anak.

“Sampai saat ini data yang masuk sudah ada 59 data yang terverifikasi. Penyaringan data masih terus berjalan,” kata Alexander kepada Lensaindonesia.com di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Ia mengungkapkan, inspirasi program ini berawal dari pemberitaan Muhammad Ibran, anak kedua artis Asri Welas, yang terlahir dengan Katarak Kongenital.

Setelah melakukan operasi katarak di kedua matanya, Ibran membutuhkan kacamata khusus untuk kesehariannya yang dapat membantu berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Untuk melayani anak dengan kelainan Katarak Kongential, pihaknya dapat menyediakan lensa yang ukurannya plus 20. Frame kacamata yang disediakan juga sangat sesuai dengan bayi karena lentur dan tidak membuat alergi.

“Kacamata bayi dengan lensa yang cukup tebal di Indonesia belum ada banyak. Untuk itu, kami tergerak untuk mengadakan kacamata bayi yang fleksibel tidak membuat alergi dan membuat anak-anak bebas bergerak dan beraktifitas. Tentunya lensa yang terbaik di dunia yaitu Zeiss Lens menyanggupinya akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu maksimal 30 hari kerja karena pembuatan lensa tersebut langsung dari Jerman,” jelas Alex.

Ia mengharapkan bagi masyarakat masyarakat yang memiliki anak penderita Katarak Kongenital bisa langsung mendatangi gerai Optik Tunggal di seluruh tanah air secara gratis.

Baca Juga:  Jaga mutu dan pelayanan, PPS Autoshine Salon Mobil raih ISO 9001

Selain itu, Youtube Optik Tunggal juga menyediakan fasilitas pendaftaran tersebut.

“Silakan bagi masyarakat yang memiliki saudara atau tetangga untuk menginformasikan kepada kami. Nanti kami akan datang ke rumah untuk mendata ulang atau memverifikasi untuk selanjutnya apabila lolos verifikasi akan diberikan kacamata khusus penderita Katarak Kongenital,” ungkapnya.

Alex menambahkan, kacamata khusus penderita Katarak Kongenital ini akan diberikan secara gratis setelah lolos verifikasi.

Untuk mencari 90 penderita katarak pada bayi dan anak-anak ini, ia mengaku sudah ke beberapa tempat di pelosok seperti ke Bandung, Cirebon, Ciamis, Pandeglang, Indramayu dan lain-lain.

“Kacamata khusus bagi penderita Katarak Kongenital ini. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 9 juta untuk satu kacamata. Kacamata ini mahal karena bahannya masih impor seperti frame ini dari Italia dan lensa dari Jerman,” pungkas Alex.@Rudi

 

CAPTION: 
Chairman Optik Tunggal Sempurna, Alexander F Kurniawan