Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Lulus, 230 perwira Poltekpel Surabaya siap kerja
Pelantikan Perwira Transportasi Laut XL Politeknik Pelayaran Surabaya, di Kampus Poltekpel Surabaya, Jalan Gunung Anyar Boulevard Surabaya, Kamis (04/04/2019). FOTO: sarifa-LICOM
EDUKASI

Lulus, 230 perwira Poltekpel Surabaya siap kerja 

LENSAINDONESIA.COM: Politeknik Penerbangan (Poltekpel) Surabaya menggelar wisuda untuk 230 perwira dari Diploma III untuk tiga jurusan Nautika, Teknika dan Elektro.

Direktur Poltekpel Surabaya Heru Susanto mengklaim lulusan dari Poltekpel selalu terserap di dunia kerja. Bahkan, para taruna yang masih menempuh pendidikan juga sudah banyak yang di ‘booking’ oleh perusahaan pelayaran.

“Saya yakin lulusan kami terserap, karena beberapa perusahaan terutama jurusan Elektro sangat dibutuhkan di industri pelayaran. Dan taruna Elektro terus diminta, bahkan terserap habis. Yang masih sekolahpun juga sudah diminta oleh perusahaan. Untuk jurusan Nautika Teknik juga dibutuhkan untuk kapal luar dan dalam negeri,” ujar Heru usai Wisuda Perwira Transportasi Laut Angkatan ke-40 di Kampus Poltekpel Surabaya, Jalan Gunung Anyar Boulevard Surabaya, Kamis (04/04/2019).

Sementara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Kemenhub Umiyatun Hayati Triastuti menjelaskan pelantikan ini penting bagi pengembangan SDM di bidang pelayaran. “Kelulusan ini penting untuk menciptakan tenaga kerja yang benar-benar sudah siap bekerja,” kata Hayati.

Menurutnya saat ini kebutuhan SDM di bidang pelayaran sangat tinggi. Bahkan, daya serap bisa lebih dari 90 persen. Karena lulusan Poltekpel ini tidak hanya bisa bekerja untuk urusan di laut tapi juga di darat.

Ia mencontohkan industri banyak yang sudah pesan lulusan dari Politek Pelayaran ini. “Tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Jadi yang merekrut lulusan kita itu bisa dari pemerintah, operator, dan industri,” tandasnya.

Tingginya permintaan itu, Poltekpel Surabaya juga membuka program Diploma IV. Program ini terdiri dari empat jurusan Nautika, Teknika, Elektro dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut Dan Kepelabuhanan (KALK).

Khusus Diploma IV untuk program pembibitan, sehingga setelah lulus para taruna akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Biaya selama menempuh pendidikan gratis karena ditanggung oleh negara.@sarifa

Baca Juga:  OTT di Yogyakarta, KPK amankan sejumlah orang dan uang ratusan juta rupiah

 

CAPTION: Pelantikan Perwira Transportasi Laut XL Politeknik Pelayaran Surabaya, di Kampus Poltekpel Surabaya, Jalan Gunung Anyar Boulevard Surabaya, Kamis (04/04/2019). FOTO: sarifa-LICOM