Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Salah satu multi-event terbesar di Indonesia yang memadukan unsur Seni, Ilmu, dan Budaya akan kembali hadir bulan ini, tepatnya 10 sampai 13 April 2019, yang kebetulan bertepatan sepekan menjelang Pemilu Pilpres dan Pileg 2019.

Acara yang diberi lebel ITS EXPO 2019 ini diselenggarakan Keluarga Mahasiswa ITS (KM ITS). Sekaligus untuk memeriahkan kota Surabaya, dan menggugah pengunjungnya dengan exhibition, workshop, kompetisi, talkshow serta special performance setiap harinya.

Tema yang dipilih “Manusia dalam Teknologi”. ITS EXPO 2019 akan menyuguhkan berbagai penampilan serta wahana-wahana yang unik yang tentunya akan menggugah hati setiap orang yang hadir.

Terdapat pula Talkshow yang mengangkat tema “Meraih Sukses di Usia Muda dengan Teknologi” pada 7 April 2019. Talkshow yang akan dilaksanakan di Gedung Robotika ITS ini mendatangkan pembicara yang sudah tak asing lagi, yaitu Pandji Pragiwaksono yang merupakan seorang Content Creator serta Stand Up Comedian, CEO Energeek ‘The E-Government Solution’ yaitu Aditya Tanjung, serta Hatta Himawan yang merupakan Senior Product Manager Tokopedia.

Diketuai Ricky Dharma Putra, ITS EXPO 2019 diharapkan dapat menjawab permasalahan tentang kurangnya pemanfaatan teknologi di Indonesia.

“ITS EXPO 2019 dengan tema ‘Manusia dalam Teknologi’ memiliki tujuan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat mengenai pengaruh serta manfaat teknologi bagi budaya bangsa kita.” ungkap Ricky, mahasiswa Teknik Sipil 2015 ini.

Dengan mengandung unsur Seni, Ilmu, dan Budaya, ITS EXPO 2019 bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya di Indonesia yang lambat laun mulai terlupakan akibat perkembangan teknologi yang ada.

Sebelum resmi dibuka, ITS EXPO 2019 membuka berbagai macam kompetisi seperti Robot in Action, Submission Art, serta Section.
Saat pembukaan, akan ada Parade Budaya yang terdiri dari banyak penampilan menarik mulai dari kesenian tradisi khas Ponorogo, Jawa Timur Reog, dan PSHT, VSNMC, Menwa, Tiyang Alit, Bara Fire Dance, Forda. Juga, peragaan kostum persembahan dari Kucing Jalan, serta tidak kalah seru akan ada tiga tamu spesial lainnya.

ITS EXPO 2019 memiliki berbagai macam Exhibition yang dapat dikunjungi seperti Gelar Karya Mahasiswa yang akan menampilkan karya – karya mahasiswa ITS.

Area Paguyuban akan menunjukkan beragam keindahan budaya Indonesia, Hall of Fame yang akan memaparkan berbagai prestasi – prestasi yang mengharumkan nama ITS, serta masih banyak wahana – wahana seperti Rumah Budaya, Pameran Karya Submission Art, Photography Exhibition, dan Wahana Teknologi.

ITS EXPO 2019 adalah acara pertama dan satu – satunya yang menggabungkan tiga unsur sekaligus dalam paduan acara yang meriah dan berpotensi besar. Unsur seni sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitas dalam berseni dan menampilkan berbagai pertunjukan, unsur ilmu sebagai penyalur hasil karya mahasiswa, dan unsur budaya sebagai apresiasi dan usaha pelestarian budaya – budaya di Indonesia. @licom_09

Foto:
Ilustrasi teknologi banyak memberikan perubahan dan peradaban manusia. @dok. ist