Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Survei SMRC: 86 persen warga optimistis Jokowi pimpin Indonesia lagi
Pasangan capres-cawapres nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat kampanye terbuka di Tangerang, Banten. FOTO: MI/Rommy Pujianto
HEADLINE DEMOKRASI

Survei SMRC: 86 persen warga optimistis Jokowi pimpin Indonesia lagi 

LENSAINDONESIA.COM: Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait keyakinan atas kemampuan Jokowi memimimpin Indonesia.

Berdasarkan survei, sebanyak 68 persen warga optimistis Joko Widodo dapat memimpin Indonesia lagi. Optimisme ini stabil sejak Desember 2018 hingga April 2019.

Peneliti SMRC Deni Irvani mengatakan, dalam empat bulan terakhir, tingkat keyakinan atas kemampuan Jokowi untuk memimpin relatif stabil. Sejak Desember, angka keyakinan Jokowi mampu memimpin Indonesia stabil di angka 60 persen ke atas.

“Yang merasa yakin dengan kemampuan Jokowi memimpin bangsa jumlahnya 68 persen, jauh lebih banyak dibanding yang tidak yakin; 27 persen. Selebihnya lima persen menjawab tidak tahu,” kata Deni dalam rilis survei ‘Tren Pilihan Presiden-Wakil Presiden Seminggu Menjelang Hari-H’ di Kantor SMRC, Jakarta, Jumat (12/04/2019).

Menurut Deni Irvani, tingkat keyakinan atas kemampuan Jokowi memimpin ini menjadi salah satu faktor naik turunnya elektabilitas Jokowi dan pasangannya, Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Ketika tingkat keyakinan atas kemampuan Jokowi naik, elektabilitas ikut naik, pun sebaliknya.

Selain itu, tingkat kepuasan atas kinerja Jokowi juga cukup tinggi. SMRC mencatat, dalam empat bulan terakhir, terhitung sejak Desember 2018 hingga April 2019, angka kepuasan atas kinerja Jokowi mencapai 71 persen.

“Yang merasa puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden jumlahnya 71 persen, jauh lebih banyak dibanding yang tidak puas 28 persen. Selebihnya satu persen menjawab tidak tahu,” tuturnya.

Sebelumnya, hasil sigi SMRC menyatakan jika elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul jauh dari pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. SMRC memprediksi, peluang Jokowi-Ma’ruf menang di Pemilu 2019 ini sangat besar.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf pada awal April 2019 mencapai 56,8 persen. Sementara, Prabowo-Sandi hingga awal April ini hanya mencapai 37 persen, dan yang masih merahasiakan pilihannya/tidak tahu 6,3 persen.

Baca Juga:  Irwan  ditunjuk jadi Ketua DPW PKS Jatim gantikan Arif Setiawan

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 5-8 April 2019 dengan melibatkan 2.285 responden yang dipilih secara acak di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini mencapai 2,1 persen.@LI-13

 

CAPTION: 
Pasangan capres-cawapres nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat kampanye terbuka di Tangerang, Banten. FOTO: MI/Rommy Pujianto