Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Aliansi Relawan Jokowi kerahkan Tim Reaksi Cepat di seluruh Indonesia
HEADLINE

Aliansi Relawan Jokowi kerahkan Tim Reaksi Cepat di seluruh Indonesia 

LENSAINDONBESIA.COM: Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) beranggotakan ratusan ribu relawan dari organisasi organisasi relawan untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, mengoperasikan Tim Reaksi Cepat (TRC) selama berjalannya Pemilu serentak untuk Pilpres dan Pileg, Rabu (17/4/2019) ini. Anggota ARJ ini tersebar di seluruh Indonesia.

Tim TRC ini bertugas memberikan advokasi kepada masyarakat yang ingin menggunakan Hak Pilihnya di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sehingga, Pilpres maupun Pileg berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami ARJ terus memantau dan siap memberikan bantuan advokasi jika di TPS-TPS terjadi kekacauan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab yang sengaja ingin mengganggu jalannya Pemilu 2019,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat ARJ, Aidil Fitri, di Kantor Kombatan (Komunitas Banteng Asli Nusantara), Jakarta Timur, Selasa (16/4/2019).

Seluruh anggota Tim TRC tersebut Selasa kemarin, berkumpul di Kantor Kombatan Jalan Layur 3, Rawamangun, Jakarta Timur. Mereka melakukan koordinasi kesiapan untuk kesiagaan dalam operasi selama berlangsungnya Pemilu hari ini.

“Ratusan Organisasi Relawan Jokowi yang masing-masing punya tim reaksi cepat tugasnya keliling memantau. Tim TRC siap bergerak cepat bila terjadi persoalan atau kekacauan di setiap TPS,” jelas Aidil Fitri.

Aliansi Relawan Jokowi memutuskan sangat krusial membentuk TRC, karena pertimbangan pentingnya mengawal jalannya demokrasi selama Pemilu berlangsung.

“Tujuan kita sebagai Relawan Jokowi untuk dapat memastikan pengawalan kemenangan suara Paslon 01 Jokowi-KH Maruf Amin. Kita berharap tidak terjadi masalah atau kekacauan yang diciptakan orang-orang tidak bertanggungjawab, yang sengaja ingin bermain curang, termasuk mengganggu jalannya Pemilu serentak 2019,” tegas Aidil Fitri .

Teknis operasional TRC, menurut Aidil Fitri, masing-masing tim bertugas keliling ke TPS-TPS erdiri tiga sampai 5 orang. Anggota tim ini dibekali Surat Mandat dan ID Card dari TRC ARJ.

Baca Juga:  PDIP belum turunkan rekom, penetapan pimpinan DPRD Jatim molor

Tim bertugas mulai pagi hingga selesai penghitungan suara malam hari. Di lapangan, tim berkoordinasi dengan tim saksi-saksi dari koalisi partai pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin lainnya. Tim ini juga melakukan pengawasan kemungkinan terjadi intimidasi terhadap masyarakat yang akan menyalurkan suaranya di TPS.

“Tugas tim juga melakukan pengawalan agar masyarakat bisa nyaman datang ke TPS,” kata Aidil.

Seluruh kegiatan anggota TRC yang disebar tersebut, akan selalu berkomunikasi melalui alat komunikasi masing-masing ke Call Center TRC ARJ yang berpusat di Kantor Kombatan Jalan Layur No 3, Rawamangun.

“Saya berharap jangan ada yang kacaukan Pemilu. Jangan karena proses Pemilu lima tahun sekali, kita rusak bangsa kita sendiri,” tegasnya.

KAWAL SUARA JEJARING ARJ

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Kombatan, Budi Mulyawan yang juga SC (Steering committe ) ARJ menambahkan, kenapa ARJ ikut turun di TPS-TPS di seluruh Indonesia, karena untuk bisa mengawal intensif sumbangan suara yang signifikan melalui jejaring ARJ. Jumlahnya di seluruh Indonesia minimal 517 organ.

“Kami akan memantau untuk memastikan kemenangan Paslon 01 Jokowi-KH Maruf Amin.dalam Pilpres 2019,” kata Budi Mulyawan yang akrab dipanggil Cepi.

Selain itu, lanjut Cepi, sekaligus mengawal suara-suara riil yang dihasilkan di setiap TPS-TPS supaya suara dukungan terjaga sah dan riil di setiap TPS. Sehingga, dapat berbanding lurus dengan hasil penghitungan suara di KPU pusat.

“Jadi tidak ada suara yang dimanipulasi dan dicurangi. Juga tidak ada suara-pemilih yang tidak terakomodir di dalam TPS. Sebesar apa pun dukungan potensi suara buat Pak Jokowi-KH Maruf Amin, tidak akan berhasil ketika suara itu tidak diamankan dan dipastikan di TPS,” jelasnya.

“Pemilih juga dipastikan harus hadir tepat waktu di TPS itu. Juga tidak mendapat hambatam-hambatan yang tidak perlu, apalagi sampai menghadapi kecurangan,” imbuhnya.

Baca Juga:  PDIP rekom Kusnadi jadi ketua DPRD Jatim periode 2019-2024

Sementara itu, Haidar Alwi, Penanggung Jawab ARJ mengakui, bahwa program TRC ARJ tersebut mendapat support secara kolektif dan mandiri sebagai bentuk dukungan konkrit terhadap proses pemenenagan Jokowi-KH Maruf Amin.

“Semua kami lakukan semata-mata demi kemenangan Jokowi-KH Maruf Amin dalam pilpres 2019,” pungkasnya. @iksan

Foto (atas):
Ketum Kombatan Budi Mulyawan (paling kanan) Ketum ARJ Aidil Fitri, Penanggungjawab ARJ Haidar Alwi. @iksan