Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Momen Pilpres 2019, trafik data XL Axiata lonjak 24 persen
TECHNO

Momen Pilpres 2019, trafik data XL Axiata lonjak 24 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Trafik layanan data XL Axiata melonjak 24 persen, sedangkan trafik layanan voice hanya naik 4  dipersen saat momen Pemilihan Presiden 2019, tepatnya pada 16 – 18 April 2019.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, lonjakan trafik data kali ini ditopang penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal. Akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6%, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%.

“Kenaikan trafik dari berbagai akses tersebut juga mendongkrak akses ke games online hingga mencapai kenaikan 175%. Nampaknya banyak pelanggan yang memanfaatkan momen Pilpres untuk bermain games,” tabdas Tri dalam keterangan resminya, Jumat (19/04/2019).

Ia menambahkan, di momen yabg sama, masyarakat juga kerap mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung.

“Naiknya data dari unggahan foto dan video melalui berbagai saluran digital pun hingga 7%,” tandasnya.

Di sisi lain, banyak pelanggan yang berpindah lokasi dari area awal ke area lain di momen tersebut.

“Khusus pelanggan area Jabodetabek, mayoritas berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%,” papar Tri.@Rel-Licom

Foto: Tim XL Axiata memonitor trafik telekomunikasi di momen Pilpres 2019.ist

Baca Juga:  The NextDev 2019, Telkomsel jaring kreator star up berdampak sosial