Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gunung Agung erupsi dengan dentuman keras dan seburkan abu volkanik setinggi 3 km
Gunung Agung di Karangasem, Pulau Bali saat erupsi, 29 Juni 2018. FOTO: AP
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Gunung Agung erupsi dengan dentuman keras dan seburkan abu volkanik setinggi 3 km 

LENSAINDONESIA.COM: Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali kembali mengalami erupsi, Minggu petang(21/04/2019).

Gunung dengan ketinggian 3.142 MDPL ini meletus dengan dentuman keras sekitar pukul 18.56 WITA. Letusan dibarengi dengan kolom abu vulkanik pekat yang membumbung 3 km di atas puncak.

Abu Gunung Agung melontar juga melontar ke segala arah. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo 25 mm dan durasi sekitar 1 menit 22 detik.

Pagi tadi Gunung Agung juga mengalami erupsi dengan menyeburkan awan panas setinggi 2.000 meter. Semburan erupsi terjadi selama sekitar 2 menit 55 detik.

Erupsi Gunung Agung tak hanya dirasakan oleh warga yang tinggal di Kabupaten Karangasem, tapi juga di sejumlah wilayah lainnya seperti Kabupaten Klungkung, Gianyar, Badung, Tabanan serta Kota Denpasar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun telah menetapkan status Gunung Agung berada di level III atau siaga. PVMBG mengimbau kepada wisatawan serta pendaki agar tidak melakukan aktivitas di zona berbahaya dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak gunung.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Agung juga diminta mewaspadai ancaman aliran lahar yang bisa saja terjadi pada musim hujan. Terutama di sekitar aliran sungai yang bersumber dari Gunung Agung.@LI-13

CAPTION: 
Gunung Agung di Karangasem, Pulau Bali saat erupsi, 29 Juni 2018. FOTO: AP

Baca Juga:  Kemenkeu bantah rokok akan naik hingga Rp 51 ribu