Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Okky Asokawati: Peringatan Hari Kartini 2019 terasa spesial tahun politik
Politikus Partai NasDem, Okky Asokawati. FOTO: Istimewa
CANTIKA

Okky Asokawati: Peringatan Hari Kartini 2019 terasa spesial tahun politik 

LENSAINDONESIA.COM: Politikus Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan, peringatan Hari Kartini tahun 2019 ini terasa spesial karena bertepatan dengan tahun politik, dimana Indonesia baru saja menggelar serentak.

Kata dia, dalam Pemilu 2019 ini, keterlibatan perempuan baik sebagai kandidat, penyelenggara, saksi, partisipan tampak cukup mewarnai dalam proses demokrasi Indonesia.

“Kondisi ini patut kita syukuri bersama. Karena menjadi tanda baik, bahwa politik tak identik dengan dunia laki-laki,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima lensaindonesia.com, Minggu (21/04/2019).

Okky berharap, Pemilu 2019 ini menghasilkan keterpilihan perempuan menjadi anggota legislatif di berbagai tingkatan baik DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi serta DPR RI. Termasuk diharapkan pos-pos jabatan publik dalam pemerintahan 2019-2024 mendatang juga dapat diisi oleh kaum perempuan.

Menurutnya keterpilihan perempuan dalam jabatan politik melalui instrumen political elected ini memberi pesan penting bahwa perempuan dapat turut serta dalam kontestasi demokrasi elektoral yang tidak mudah ini. Dalam berbagai event politik baik Pemilu maupun Pilkada, kaum perempuan telah membuktikan perannya sehingga tak perlu diragukan lagi.

“Di atas semua itu, keterpilihan perempuan di sektor jabatan publik diharapkan dapat turut serta mewarnai dan mempengaruhi kebijakan publik yang berprespektif feminim yakni yang memiliki orientasi terhadap penguatan peran perempuan baik di ruang domestik keluarga maupun di ruang publik. Sehingga kebijakkan yang dibuat lebih komprehensif,” kata anggota Komisi IX DPR RI Periode 2014-2019 ini..

Disampaikan Okky, saat ini pekerjaan rumah yang masih menjadi persoalan perempuan di antaranya sektor kesehatan, penguatan ekonomi perempuan, ancaman kekerasan terhadap perempuan, penguatan kapasitas, harus menjadi prioritas utama yang tertuang dalam merumuskan kebijakan publik.@LI-13

CAPTION: Politikus Partai NasDem, Okky Asokawati. FOTO: Istimewa

Baca Juga:  Kurun 2 tahun penjualan naik, Skye Suites Sydney andalkan layanan digital