Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jumlah petugas KPPS meninggal dunia mencapai 119 orang
Anggota KPPS menunjukkan surat suara kepada para saksi saat dilakukan perhitungan lanjutan di TPS bersebelahan dengan Pos TNI AL Pusong di Desa Pusong Baru, Lhokseumawe, Aceh, Kamis, 18 April 2019.
HEADLINE UTAMA

Jumlah petugas KPPS meninggal dunia mencapai 119 orang 

LENSAINDONESIA.COM: Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia terus bertambah. Berdasrkan data yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat ini jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia saat menjalankan tugas dalam Pemilu 2019 telah mencapai 119 orang.

“Berdasarkan data yang kami himpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang meninggal dunia 119 orang,” kata Komisioner KPU, Viryan Azis di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (23/04/2019).

Selain 119 orang meninggal, juga tercatat sebanyak 548 petugas KPPS sakit.

Sesuai data KPU, kasus petugas KPPS meninggal dunia dan sakit ini tersebar di 25 Provinsi

Viryan juga mengapresiasi kesediaan Kementerian Keuangan menyantuni petugas KPPS yang mengalami musibah saat menyukseskan Pemilu 2019. Ia berharap petugas yang ‘tumbang’ tidak bertambah.

“Saat ini sedang ada rekapitulasi hasil pemilu di tingkat kecamatan dan kami harap korban tidak terus berjatuhan, rekan-rekan kami,” ujar Viryan.

Pemerintah berencana memberikan tunjangan kepada petugas KPPS meninggal dalam bertugas. Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengecek kemungkinan penganggaran tunjangan itu.

“Kemungkinan kita bisa mengakomodasi melalui standar biasa yang tidak biasa,” kata Sri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 23 April 2019.

Kemenkeu akan melihat kebutuhan anggaran pemberian santunan. Setelah itu, Kementerian akan memutuskan pemberian anggaran sesuai undang-undang.

Sri Mulyani juga berduka atas insiden yang menimpa para petugas KPPS di daerah itu. Ia mengucapkan belasungkawa kepada keluarga mereka.

“Sebagai Menteri Keuangan dan pribadi menyampaikan belasungkawa kepada korban, para petugas yang melaksanakan tugas penting di dalam menjaga pemilu adil, aman, dan akuntabel,” pungkas Sri.@LI-13

CAPTION: 
Anggota KPPS menunjukkan surat suara kepada para saksi saat dilakukan perhitungan lanjutan di TPS bersebelahan dengan Pos TNI AL Pusong di Desa Pusong Baru, Lhokseumawe, Aceh, Kamis, 18 April 2019. FOTO: ANTARA/Rahmad

Baca Juga:  Hanif Dhakiri jadi Plt Menpora