Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kantornya digeledah KPK, Mendag: Saya tahu
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita
HEADLINE DEMOKRASI

Kantornya digeledah KPK, Mendag: Saya tahu 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita mengaku dirinya mengetahui bila kantornya sedang digeledah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun, saat penggeledahan berlangsung Enggartiasto sedang tidak ada di kantor.

“Saya tahu. Enggak ada, saya lagi enggak ada (tidak di kantor saat penyidik datang),” ucap Enggar ditemui usai rapat dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/04/2019).

Diketahui, penggeledahan kantor Kemendag di kantor Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat ini dilakukan terkait pengakuan tersangka kasus dugaan gratifikasi distribusi pupuk anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso bahwa dirinya menerima uang Rp 2 miliar dari Menteri Enggartiasto.

Uang tersebut bagian dari duit Rp 8 miliar yang disita KPK dalam 400 ribu amplop untuk serangan fajar Pemilu 2019.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso sebagai tersangka kasus dugaan suap distribusi pupuk. Selain Bowo, KPK juga menjerat dua orang lainnya yakni Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (PT HTK) Asty Winasti, dan pegawai PT Inersia bernama Indung.

KPK menduga ada pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait kerja sama pengangkutan bidang pelayaran untuk kebutuhan distribusi pupuk menggunakan kapal PT HTK.

Dalam perkara ini, Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD 2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima suap sebanyak tujuh kali dari PT Humpuss.

Total, uang suap dan gratifikasi yang diterima Bowo Sidik dari PT Humpuss maupun pihak lainnya yakni sekira Rp 8 miliar. Uang tersebut dikumpulkan Bowo untuk melakukan serangan fajar di Pemilu 2019.@LI-13

Baca Juga:  Buron curanmor ditangkap saat antri BBM di SPBU Jl Kenjeran

CAPTION: Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita. FOTO: Trubus/Astri Sofyanti