LENSAINDONESIA.COM: Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Harto Kristiyanto menyebut, partai politik Koalisi Indonesia Kerja sebagai pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin diprediksi meraih 60,7 persen kursi di DPR RI.

Prediksi itu berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) perolehan suara Pemilu 2019 yang dilakukan di setiap daerah pemilihan DPR, Koalisi Indonesia Kerja meraih 349 kursi di parlemen atau 60,7 persen.

Menurut Hasto, perolehan kursi masyotitas di parlemen ini akan memperkuat pemerintahan Joko Widodo ke depan.

“Konfigurasi politik pun semakin matang. Legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin senapas dengan kuatnya dukungan di DPR,” katanya di Jakarta, Senin (29/04/2019).

Selain itu, kata Hasto, dukungan ini juga diyakini akan memperkuat sistem presidensial.

“Atas dasar kuatnya legitimasi rakyat dan parlemen tersebut, maka terhadap berbagai isu yang dikembangkan pihak-pihak tertentu yang mencoba melakukan gerakan menghasut rakyat pasti akan berhadapan dengan kekuatan rakyat,” paparnya.

Hasto juga mengucapkan selamat bagi seluruh parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf, termasuk parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang telah lolos ke parlemen. Ia pun meyakini partai oposisi seperti Gerindra dan PKS sebenarnya juga puas dengan hasil pemilu. Sebab, kursi mereka di parlemen meningkat.@LI-13

Caption Foto: Gedung DPR/MPR RI.@istimewa