Trending News

17 Aug 2019
Ulangi sukes Pemilu 1999 dan 2004, PKB menang pemilu di Kabupaten Jombang
DPC PKB Kabupaten Jombang bersilaturahmi ke Kantor PCNU Jombang, Selasa (30/04/2019). FOTO: obie-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Ulangi sukes Pemilu 1999 dan 2004, PKB menang pemilu di Kabupaten Jombang 

LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Jombang bersilaturahmi ke Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Selasa (30/04/2019).

Silaturahmi ini sekaligus untuk menyampaikan kabar bahwa PKB berhasil suara terbanyak dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Jombang. Perolehan suara terbanyak ini merupakan kabar baik, sebab beberapa kali pemilu, PKB tidak pernah menang di Kabupaten Jombang.

Meski saat ini KPU Jombang belum merilis secara resmi hasil Pemilu 2019, namun PKB Jombang meyakini perolehan suara terbanyak itu berdasar penghitungan internal.

Dari hasil rekapitulasi perhitungan C1, DAA1, dan DA 1 yang berasal dari saksi PKB di setiap TPS telah terakumulasi bahwa kursi yang diperolehnya sebanyak10 kursi di DPRD Jombang dengan hasil perolehan sebanyak 145,458 total suara. Bahkan atas dasar itu, bisa dipastikan PKB Jombang sebagai pemenang pemilu 2019 dan bakal meraih pucuk pimpinan parlemen di Kabupaten Jombang.

Ketua DPC PKB Jombang, Mas’ud Zuremi mengatakan bahwa pergerakan dan perjuangan partai ini sangat dipengaruhi oleh rekan-rekan yang optimal dalam kontestasi meraih suara pada masing-masing derah pemilihan. Pada pemilu 2014, PKB mendapatkan 8 kursi di DPRD Jombang, tentunya ada peningkatan dua kursi jika dibanding pemilu 2014.

“Melihat perjalanan waktu dari Pemilu 1999 dan 2004 belum pernah menjadi pemenang pemilu di Jombang. Nah, pemilu 2019 ini kita rebut kembali kemenangan ini dengan mendapatkan 10 kursi mengembalikan kejayaan PKB di Jombang. Ini murni kesolidan dan kekompakan internal struktur partai mulai dari ranting sampai cabang,” terangnya kepada lensaindonesia.com.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa jajaran pengurus terus melakukan kerja partai dengan bersilaturahim kepada tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat, termasuk yang ada di kampung. Karena ini murni kerja Caleg dan teman-teman, tidak ada multi efek dari penyelenggaran pemilu yang berbarengan dengan Pilpres oleh Capres yang sedang diusung.

“Memang PKB pengusung Capres 01, tapi untuk kerja Caleg ini mutlak dari teman-teman baik partai maupun caleg sendiri,” ungkapnya.

Terkait hasil perolehan suara penghitungan yang dilakukan PKB dan KPU, Masud menerangkan bahwa tidak akan beda dengan KPU. Pasalnya, KPU juga berdasar pada penghitungan melalui akses adalah dari C1 di seluruh Kabupaten Jombang, data yang dikantongi parpol juga berasal dari saksi di seluruh TPS. Begitupun, PKB juga sudah mengantongi form C-1 dan satu-satunya partai yang lengkap.

“Insyaalloh, satu-satunya partai yang lengkap,” imbuhnya.

Sedangkan terkait kehadiran pengurus PKB ke kantor PCNU Jombang, Mas’ud yang juga Wakil Ketua DPRD Jombang ini menuturkan bahwa pihaknya sengaja melaporkan hasil pemilu ini kepada NU. Pasalnya, PKB merupakan partai yang lahir dari rahim NU. PKB merupakan partai yang lahir dari NU.

“Jadi, kami memiliki tanggung jawab kepada yang melahirkan atau orang tua, dalam hal ini NU,” beber anggota DPRD Jombang dari Dapil 2 yang terpilih kembali dan sudah menjabat tiga periode ini.

Sementara, Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid yang hadir dalam forum silaturahmi tersebut mengatakan bagi seluruh kader yang terpilih semoga amanah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. Kami berharap kehadiran perwakilan PKB di DPRD ini bisa membangun sinergitas dan kerjasama yang harmonis dengan pemerintah daerah yang berkarakter dan berdaya saing.@Obi

CAPTION: DPC PKB Kabupaten Jombang bersilaturahmi ke Kantor PCNU Jombang, Selasa (30/04/2019). FOTO: obi-LICOM

Related posts