Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kelompok massa berpakaian serba hitam dan mengenakan cadar, dibubarkan paksa polisi saat akan melakukan aksi di depan Gedung Grahadi, Jl Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (1/5/2019).

Massa yang diduga gabungan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut dibubarkan polisi karena tidak dapat menunjukan izin saat mencoba bergabung dalam aksi buruh yang menggelar aksi Mayday.

“Kami minta kepada kalian semua untuk membuka penutup mukanya. Kalian dari mana dan tolong tunjukan izinnya,” seru salah satu perwira polisi.

Namun massa yang membawa bendera merah hitam bertuliskan huruf A itu menolak membuka penutup muka sehingga langsung dibubarkan petugas.

Namun saat dilakukan pembubaran, sejumlah peserta aksi sempat mengancam awak media untuk tidak mengambil gambar. “Jangan difoto, jangan macam-macam,” cetus salah satu peserta dengan nada memprovokasi.

Beberapa wartawan yang merasa tersinggung sempat terlibat adu argumentasi dan nyaris kontak fisik. Namun polisi yang melakukan pengamanan dengan sigap memisahkan dua kelompok sehingga tak terjadi aksi lanjutan.@rofik