LENSAINDONESIA.COM: BP joint-venture AKR bakal membuka 350 SPBU di Indonesia hingga 10 tahun kedepan. Usai Jakarta, kini berekspansi di Surabaya tepatnya berlokasi di Raya Gubeng.

Neale Smither, vice-president of new markets, BP Downstream mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhannya tercepat di kawasan regional, untuk itu pihaknya memasuki pasar ini dengan AKR sebagai mitranya.

“BP sudah dikenal secara internasional, sebab bahan bakar kami berkualitas tinggi, pelumas Castrol dan kenyamanan luar biasa yang kami tawarkan. Dan kami senang bisa memberikan banyak pilihan bahan bakar berkualitas, serta layanan berkualitas khas BP kepada konsumen kami di Indonesia,” ujarnya di Surabaya, Kamis (02/05/2019).

Untuk kebutuhan bagi kendaraan roda dua di Indonesia, BP melakukan pengujian selama lebih dari seribu jam untuk memproduksi bahan bakar berkualitas bagi sepeda motor dan mobil.

Sementara itu, Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKR menyampaikan, bagi AKR, kemitraan dengan BP akan memperkuat komitmen jangka panjang untuk industri dan Indonesia.

“Ini merupakan salah satu tonggak sejarah kami, dan kami bangga bisa bermitra dengan BP. Di kesempatan ini, baik BP dan AKR bertujuan untuk mengembangkan pengalaman berbeda kepada konsumen Indonesia dengan memanfaatkan kemampuan dan keahlian yang terbukti dari BP dan AKR di Indonesia,” tegas Haryanto.

SPBU BP akan dioperasikan oleh PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail),perusahaan baru yang didirikan oleh joint-venture dari BP dan AKR yang sekaligus memperluas jaringan ritelnya melalui jalur dealer.

SPBU BP di Indonesia akan disertifikasi sebagai karbon netral melalui program carbon offsetting BP, BP Target Neutral. Setiap lokasi akan memiliki rencana pengurangan karbon jangka panjang dengan sisa emisi diimbangi melalui BP Target Neutral. Hingga kini, BP sudah memiliki lebih dari 18.000 unit SPBU di 20 negara di dunia.@Rel-Licom

Foto: SPBU hasil kerja sama BP dan AKR yang sudah beroperasi di JL. Raya Gubeng Surabaya. ist