Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
KPU Jatim mulai proses penghitungan suara Pemilu 2019
KPU Jawa Timue menggelar rapat pleno terbuka rekepitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, Minggu (05/05/2019). FOTO: sarifa-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

KPU Jatim mulai proses penghitungan suara Pemilu 2019 

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur hari ini mulai melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Hotel Singgasana Surabaya.

Proses penghitungan suara ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam serta komisioner KPU Jatim. Penghitungan juga dihadiri perwakilan partai politik peserta pemilu, Bawalu dan KPU Kabupaten/Kota se-Jatim.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan, sesuai jadwal, rekapitulasi akan digelar selama lima hari, yaitu mulai 5-9 Mei 2019. “Kami mengagendakan lima hari. Namun, kami berharap bisa berlangsung lancar dan tidak harus lima hari. Misalnya, cukup tiga hari,” kata Anam pada LICOM disela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur, Minggu (05/05/2019).

Saat membuka acara, Anam juga mengajak para peserta rapat pleno untuk mendoakan penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia.

Disebutkan, jumlah petugas yang meninggal di Jawa Timur, baik dari kelompok PPS, KPPS, PPK, hingga linmas mencapai 88 orang.

“Kami juga ikut berduka. Ada 88 petugas, baik PPK, hingga pengawas, gugur saat pelaksanaan tugas maupun pasca acara. Kami meminta waktu untuk berdoa bersama,” tambah dia.

Di hari pertama, proses rekapitulasi akan dilakukan dengan menghitung hasil suara per kota/kabupaten. Ada tujuh kota yang dibacakan hasil rekapitulasinya, yaitu Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Pasuran, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Batu, dan Kota Probolinggo.@sarifa

CAPTION: 
KPU Jawa Timue menggelar rapat pleno terbuka rekepitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, Minggu (05/05/2019). FOTO: sarifa-LICOM

Baca Juga:  KPK OTT Bupati Indramayu