Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal menuntaskan sekitar 5 ruas jalan tol baru, diantaranya Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 seperti Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

Untuk itu, perlu anggaran dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 27 triliun pada tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, perseroan memerlukan belanja modal besar dikarenakan investasi yang masif dilakukan perusahaan sepanjang 2018.

“Belanja modal akan digunakan untuk penyelesaian sekitar 5 ruas jalan tol baru, yakni Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 seperti Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran. Selain itu, ada ruas tol Jakarta-Cikampek layang atau elevated, Balikpapan-Samarinda, Manado-Bitung dan Pandaan-Malang. Dan Capex yang akan kita pakai nanti sekitar Rp 27 triliun untuk penyelesaiannya hingga akhir tahun,” ujarnya di Jakarta, Senin (06/05/2019).

Secara terpisah, Direktur Pengembangan Jasa Marga memaparkan, persero juga mengincar sejumlah proyek unsolicitied. Proyek tersebut seperti ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang sebelumnya dikenal dengan Cigatas, tol akses Patimban dan Ciranjang-Padalarang.

“Sementara ini, akses Patimban sekarang sedang di-review ulang trasenya,” tandasnya.
Sebelumnya selama tahun 2018, Jasa Marga sudah merampungkan tujuh ruas jalan tol baru sepanjang 318,75 km. Selama itu, ruas tol yang dioperasikan Jasa Marga hingga akhir 2018 sudah mencapai 1.000 kilometer (km).

Ketujuh jalan tol baru itu antara lain Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Segmen SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan (10,75 km), Bogor Ring Road Segmen Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 km), dan Batang-Semarang (75 km).

Berikutnya adalah Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura (32,65 km), Solo-Ngawi (90,43 km), Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Ngawi-Kertosono (87,02 km), dan Gempol-Pasuruan segmen Rembang-Pasuruan (Grati) (20,25 km).@mer,eld-Licom

Sumber : Merdeka.com

Foto:  Ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 seperti Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran yang masih dalam penyelesaian. @det