Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kuliah umum di Poltekbang Surabaya datangkan Irjen Kemenhub
Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo memberikan kuliah umum di Kampus Poltekbang Surabaya, Rabu (09/05/2019).FOTO: sarifa-LICOM
EDUKASI

Kuliah umum di Poltekbang Surabaya datangkan Irjen Kemenhub 

LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan kompeten di bidang perhubungan, para taruna taruni di Politeknik Perhubungan (Poltekbang) Surabaya diberikan pencerahan berupa kuliah umum.

Kali ini kuliah umum menghadirkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo di Kampus Poltekbang Surabaya.

Tommi (sapaan akrab Wahju Satrio Utomo) mengatakan untuk bisa menjadi pribadi yang unggul dalam dunia kerja, ada sejumlah kiat-kiat khusus yang bisa diterapkan oleh para anak didik di lingkungan Kemenhub.

“Dalam bidang penerbangan, mereka mereka harus mempersiapkan dirinya dengan baik. Harus mau menempa dirinya, mulai memanage diri sendiri untuk persiapan di tempat kerja, juga memanage dirinya saat berinteraksi dengan orang lain. Harus bisa melihat peluang dan tidak abai dengan pengetahuan baru,” ujar Tommi, Rabu (09/05/2019).

Tak hanya itu, ia juga menyarankan agar para taruna taruni mau menggali skill atau keterampilan yang dimiliki dari masing-masing pribadi.

“Gali sebanyak-banyaknya kemampuan kalian, kelebihan apa saja silahkan digali nanti bisa diarahkan ke spesialisasi. Kalau punya spesialisasi di bidang tertentu pasti akan dicari orang. Tapi kalau mereka hanya punya ilmu tanpa diimbangi dengan skill, bakal kalah bersaing dengan yang lain,” pesan mantan Kepala BPSDM Perhubungan ini.

Hal lain yang ditekankan Tommi, para generasi muda juga tak boleh kalah bersaing dengan tenaga-tenaga asing yang masuk ke Indonesia.

“Sekarang memang eranya terbuka termasuk dengan terbukanya peluang pekerja asing yang masuk ke Indonesia. Harus siap bersaing, jangan takut selama kalian punya skill. Jangan sampai kita hanya jadi penonton di negeri sendiri,” jelas dia.

Terkait kebutuhan SDM di bidang perhubungan, pihaknya mengatakan masih banyaknya peluang yang harus diisi selain di pemerintahan juga banyak dibutuhkannya tenaga untuk operator bidang perhubungan darat, laut dan udara.

Baca Juga:  Penjaringan bakal calon wali kota PDIP Surabaya laris manis

“Yang jelas kita berharap agar sarana dan prasarana transportasi dioperasionalkan dengan selamat. Untuk bisa mewujudkan hal itu, harus diawaki oleh awak yang punya kompetensi dan punya jiwa profesional. Inilah yang kita bentuk di sekolah-sekolah perhubungan yang ada di bawah naungan Kemenhub,” imbuh dia.

Dirinya juga memuji perkembangan Poltekbang yang dinilai terus menjadi lebih baik. Program-programnya berkembang dan variatif sehingga berimplikasi dengan lulusan anak didiknya yang bisa langsung terserap ke dunia kerja di bidang perhubungan.

“Sekolah seperti Poltekbang ini memang harus bisa melihat kebutuhan apa saja yang ada di lapangan. Apa yang dibutuhkan di lapangan itu yang kita didik.
Sehingga lulusan yang kita didik lulusannya langsung terpakai,” tukasnya.

Sementara, Direktur Poltekbang Suranaya Setiyo menambahkan kuliah umum seperti ini biasanya diagendakan khusus untuk pejabat di lingkungan Kemenhub. Namun kali ini ditujukan untuk para taruna taruni Poltekbang.

“Kami berharap taruna taruni kami ada yang memberi motivasi seperti yang disampaikan Bapak Irjen tadi. Mulai dari menghadapi tantangan di dunia kerja, bagaiman harus ‘melek’ dengan perkembangan teknologi informatika, dan yang paling penting kita bagaiaman kita bisa beradaptasi hidup di tengah masyarakat,” tutup Setiyo.@sarifa

CAPTION: Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo memberikan kuliah umum di Kampus Poltekbang Surabaya, Rabu (09/05/2019).FOTO: sarifa-LICOM