Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Jelang Lebaran tahun ini, tersedia 2.900 titik penukaran uang yang disiapkan Bank Indonesia (BI) di seluruh Indonesia. Bahkan, telah menjangkau daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) mulai 13 Mei-1 Juni 2019.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyampaikan, dalam hal ini Bank Indonesia berkolaborasi dengan perbankan untuk memenuhi kebutuhan uang di periode Ramadan/Idulfitri 1440 H.

Program mengusung tema ”Rupiah Untuk Negeri: Titik Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan Melayani Negeri” diawali membuka kegiatan kas keliling di jalan ramai, kantor perbankan dan instansi lain berikut di jalur mudik tentunya,” ujarnya di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Ia menambahkan, BI sudah menyiapkan strategi pemenuhan uang rupiah melalui distribusi uang dan layanan kas yang prima.

Di sisi internal, BI menyiapkan layanan penukaran uang mudik dengan memaksimalkan pengolahan uang di seluruh satker kas, dan menjaga stok kas secara nasional berikut mendistribusikan uang serta layanan kas di seluruh Indonesia.

“Kita juga mengoptimalkan peran kas titipan dan kas keliling untuk mendisstribusikan uang serta memperkuat komunikasi yang efektif terkait kesiapan BI menghadapi Ramadan/IdulFitri 1440 H ini,” tegasnya.

Di sisi eksternal BI, akan memperluas titik penukaran yang bersinergi dengan perbankan di titik keramaian, juga berkolaborasi dengan penyedia jasa transportasi serta menghimbau perbankan/PJPUR untuk mengefektifkan pengolahan uang sekaligus menjaga ketersediaan uang di ATM semaksimal mungkin.@L6,Eld-Licom

Foto: Tempat layanan penukaran uang untuk Lebaran tahun ini. Faktualnews,ilust-ist