LENSAINDONESIA.COM: Proses Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Tingkat Provinsi di Pemilu 2019 yang digelar KPU Jawa Timur molor sehari dari jadual yang ditetapkan sebelumnya, yakni 5-9 Mei 2019.

Pantauan LICOM di lokasi rekapitulasi yaitu Hotel Singgasana Surabaya hingga Jumat (10/05/2019) malam ini, proses rekap masih terus berlangsung. Hanya menyisakan 1 kabupaten, yakni Kabupaten Bangkalan yang belum tuntas.

Sejumlah saksi dari masing-masing pihak terus mengajukan protes karena merasa hasil rekap suaranya berbeda dengan yang ada di kabupaten/kota.

Seperti saksi dari Partai Gerindra yang protes karena hilang suaranya.

“Gerindra sangat dirugikan karena hilangnya potensi suara partai, formulir model DB-1 (hasil rekapitulasi suara seluruh Dapil) yang dibacakan tidak sama dengan yang kami punya. Suara partai hilang 36 ribu, dan suara saya hilang 58 ribu. Mestinya harus dapat 2 (kursi) tapi kalau berdasar DB yang dibacakan kita hanya dapat 1 (kursi),” ujar Saksi Partai Gerindra yang juga Caleg DPR RI Dapil Jatim XI (Kab Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) Nizar Zahro.

Hal yang sama untuk Kabupaten Pamekasan tadi malam juga sempat berjalan alot. Bahkan diwarnai aksi gebrak meja dari saksi dari Partai Golkar Sahat Tua Simanjuntak karena menilai KPU dan Bawaslu Jatim bertele-tele dalam memutuskan protes keberatan dari saksi Partai Demokrat sekaligus Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio.

Renville melayangkan protes saat komisioner KPU Jatim membacakan perolehan suara untuk Kecamatan Waru dan Batumarmar.

“Kami tidak menyalahkan KPU, tapi mungkin ada kesalahan penulisan, karena di Form DA-1 yang kami miliki berbeda dengan DB-1,” protes Renville.

Adanya protes dari saksi Partai Demokrat tersebut, maka rekap hasil penghitungan perolehan suara di Kabupaten Pamekasan di skor dan baru dilanjutkan Jumat pagi tadi dan hingga malam ini ternyata tak kunjung selesai.

Hasilnya Bawaslu Jatim akhirnya merekomendasikan untuk mencocokkan antara data DA-1 dengan DB-1.@sarifa

CAPTION: 
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat (10/05/2019). FOTO: sarifa-LICOM