Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Jatim berjalan aman dan kondusif. Ini dikatakan Kapolda saat berakhirnya proses Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Tingkat Provinsi di Pemilu 2019 yang digelar KPU Jawa Timur, Sabtu (11/05/2019).

“Saya ucapkan terima kasih kepada TNI-Polri, masyarakat, penyelenggara Pemilu yang kerja keras tak kenal lelah dari semua pelaksanaan pengamanan Pemilu 2019 di Jatim berjalan aman, lancar dan tidak ada hal yang tidak diinginkan,” kata Luki ditemui di Hotel Singgasana Surabaya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan semua proses pemilu seperti pemungutan suara hingga rekapitulasi telah dilalui sesuai prosedur yang ada. Luki menyebut lancarnya Pemilu di Jatim juga karena peran serta ulama.

Sementara, menanggapi potensi kerusuhan seperti gerakan “people power”, Luki mengaku siap. Terlebih, Polda telah melakukan penebalan keamanan bersama dengan Pangdam V/Brawijaya TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi di sejumlah wilayah.

“Saya dan Panglima telah melakukan penebalan dari tanggal 8-10 Mei di beberapa titik seperti tempat penghitungan suara dan KPU kabupaten/kota dengan mengeluarkan semua peralatan yang dimiliki,” cetusnya.

Dia mengakui, beredarnya isu people power berpotensi terjadinkerusuhan. Namun Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya telah melakukan langkah antisipasi sehingga isu tersebut tak terjadi di Jatim.

Selain itu, sampai sekarang Polda Jatim masih melakukan pengamanan terhadap logistik pemilu yang ada di gudang-gudang.

“Gudang tersebut dipasang CCTV dari TNI ikut membantu. Patroli tetap dilakukan. Jika ada kerusuhan, kami mengikuti aturan, di Jatim tidak ada,” tukasnya.@sarifa

CAPTION: Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan berjabat tangan dengan Ketua KPU Jatim Choirul Anam pasca rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Hotel Singgasana Surabaya, Sabtu (11/05/2019). FOTO: sarifa-LICOM