Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
PDIP raih 316 kursi parlemen di Jatim
Pengurus DPD PDIP Jawa Timur merayakan kemenangan Pemilu 2019. FOTO: sarufa-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

PDIP raih 316 kursi parlemen di Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) menjadi pemenang Pemilu 2019 di Jawa Timur dengan memperoleh suara terbanyak.

Dari 31 kabupaten/kota se-Jatim, PDIP berhasil menangi di 17 kabupaten/kota. Total 316 kursi parlemen se- Jatim pun berhak menjadi milik partai berlambang banteng moncong putih ini.

Menyambut kemenangan ini, DPD PDIP Jatim menggelar syukuran sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat.

Prosesi syukuran yang bertepatan dengan bulan Ramadhan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dan buka bersama di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri Surabaya, Minggu malam (12/05/2019).


Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi memotong tumpeng syukuran kemenangan Pemilu 2019. FOTO: sarifa-LICOM

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi didampingi Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari, para pengurus DPD serta Caleg terpilih berkumpul untuk merayakan kemenangannya.

“Alhamdulillah, rekapitulasi hasil Pemilu di tingkat provinsi sudah selesai. PDI Perjuangan Jatim berhasil mendapatkan 27 kursi DPRD Jatim dan ikut mengantarkan kemenangan pasangan 01 di Jatim sekitar 65,73 persen,” kata Kusnadi pada LICOM.

Sedangkan di tingkat pusat, lanjut Kusnadi, partainya berhasil mendapatkan 20 kursi (23 persen) DPR RI dari 87 kursi yang dialokasikan dari Jatim atau bertambah 3 kursi dibanding pemilu sebelumnya.

“PDI Perjuangan juga berhasil menang di 17 kabupaten/kota di Jatim sehingga berhak menjadi ketua DPRD Kab/Kota, dan 13 wakil ketua DPRD kab/kota di Jatim,” beber Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Sementara, kegagalan PDIP mendapatkan kursi pimpinan DPRD kabupaten/kota di 8 daerah, yakni Ponorogo (4), Bojonegoro (5), Sumenep (6), Kota Pasuruan (2), Sampang (2), Kabupaten Probolinggo (5) dan Pamekasan (0).

“Satu-satunya daerah dimana PDI Perjuangan yang tak dapat kursi DPRD adalah Pamekasan,” imbuh Kusnadi.

Sedangkan, perolehan kursi DPRD Kab/Kota yang mengalami penurunan di banding pemilu 2014 terjadi di 9 daerah. Di antaranya, Kota Mojokerto (1), Kabupaten Malang (1), Kota Probolinggo (2), Kota Pasuruan (1), Lumajang (1), Ponorogo (1), Pamekasan (1), Sumenep (1) dan Lamongan (1).

Baca Juga:  Buron curanmor ditangkap saat antri BBM di SPBU Jl Kenjeran

“Total kursi DPRD kab/kota di Jatim yang diraih PDI Perjuangan sebanyak 316 kursi atau meningkat 17 kursi dibanding Pemilu 2014 sebanyak 299 kursi DPRD kab/kota,” cetusnya.

Ia menegaskan, kunci sukses keberhasilan PDI Perjuangan memenangkan Pemilu 2019 karena tiga hal.

Pertama, kesolidan seluruh jaringan dan struktur partai serta kerja sistematis dari para Caleg. Kedua, kerja nyata Presiden Joko Widodo dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat sehingga rakyat tidak ragu memberikan suaranya ke PDIP. Ketiga, PDIP mendapat tempat di hati rakyat karena isu-isu pro rakyat diperjuangkan betul oleh kader-kader PDI Perjuangan yang ada di eksekutif maupun legislatif.

“Saya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga PDI Perjuangan, pengurus dan kader PDI Perjuangan mulai dari anak ranting hingga DPD ini yang sudah bekerja keras sehingga kita mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Jawa Timur,” tukas Kusnadi.@sarifa

CAPTION: Pengurus DPD PDIP Jawa Timur merayakan kemenangan Pemilu 2019. FOTO: sarufa-LICOM