Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang.

Jokowi bersama rombongan berangkat ke Jawa Timur dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 08.45 WIB.

Presiden dijadwalkan tiba di Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, pada pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung menuju Gerbang Tol Singosari tempat berlangsungnya peresmian.

Menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini. Antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ruas jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III yang diresmikan memiliki panjang 31 kilometer dari Pandaan ke Singosari.

Sedangkan untuk seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 kilometer masih dalam tahap konstruksi. Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,5 Km yang terdiri dari lima seksi.

Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 km; seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Sebelum peresmian, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meninjau displai panel dan maket proyek jalan tol Pandaan-Malang. Setelah peresmian, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas juga akan meninjau jalan tol Pandaan-Malang.

Usai peresmian, Presiden Jokowi dan rombongan akan langsung kembali ke Jakarta pada siang harinya melalui Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur ini adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Staf Khusus Presiden Ahmad Erani.@LI-13