Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 250 warga Penjaringan, Jakarta Utara yang merupakan korban banjir air laut pasang mendapatkan pengobatan gratis, terutama kesehatan kulit yang terpapar kena air laut dan sinar matahari yang menyengat.

Kegiatan pengobatan gratis ini diadakan oleh Vaseline bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) melalui program The Vaseline Healing Project.

Mahnessa Siregar, Brand Manager Vaseline, mengatakan kulit sehat dapat dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali. Oleh karena itu, pihaknya terus membangun kesadaran masyarakat dunia untuk lebih peduli kepada kesehatan kulit mereka.

Di saat yang sama, ia juga menyadari bahwa bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah yang mengalami bencana, krisis, maupun kemiskinan, gangguan kulit yang paling sederhana dan sebenarnya dapat dicegah, telah memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka.

“Sejak tahun 2015 Vaseline menggelar program Vaseline Healing Project sebagai bukti nyata dari misi global Vaseline untuk memperbaiki kulit dan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia. Hingga kini, program ini telah digelar di 41 negara dan membantu 3,2 juta orang,” ujar Mahnessa.

Ia menjelaskan, di setiap misi yang dilakukan, salah satu produk legendaris dari Vaseline, yaitu Vaseline Repairing Jelly terbukti sangat berguna untuk memperbaiki kondisi kulit masyarakat yang berada di wilayah sasaran.

“Kandungan petrolatum di dalam Vaseline Repairing Jelly dapat menutup permukaan kulit dari air dan udara, sehingga membantu kulit untuk memperbaiki kekeringannya. Selain itu, dapat mengurangi penguapan air dari permukaan kulit sehingga memudahkan lapisan epidermis kulit untuk berfungsi secara normal,” jelasnya.

Ia mengklaim, di Indonesia sudah sukses membantu memperbaiki kulit dan kualitas hidup lebih dari 300 warga di wilayah Bangkalan, Madura dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Tahun ini The Vaseline Healing Project diselenggarakan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Penjaringan terpilih karena masih tingginya jumlah penderita gangguan kulit. Salah satunya disebabkan oleh bencana banjir rob atau banjir akibat naiknya gelombang pasang laut yang masih kerap mereka alami serta sinar matahari yang menyengat,” jelas Mahnessa.

Sementara itu, Ketua PERDOSKI Cabang Jakarta, dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK, FINSDV, FAADV menuturkan untuk pelaksanaan program The Vaseline Healing Project, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan efektif.

“Kami mengerahkan tim medis sekitar 30 orang dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai kesehatan kulit kepada 50 Kader Puskesmas maupun Posyandu, dan juga masyarakat setempat. Selain memberikan layanan kesehatan untuk membantu memperbaiki masalah kulit yang mereka miliki, kami juga membagikan paket obat-obatan termasuk Vaseline Repairing Jelly agar masyarakat dapat terus memelihara kesehatan mereka,” tutur dr. Danang.@Rudi