Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DPRD Jombang kebut pembahasan PAK
Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Joko Triono . FOTO: obi-LICOM
HEADLINE PROOTONOMI

DPRD Jombang kebut pembahasan PAK 

LENSAINDONESIA.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang mempercepat pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). Hal ini dilakukan agar Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Tahun Anggaran 2018 bisa dibelanjakan.

Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Joko Triono mengatakan, pembahasan PAK sengaja dikebut sebab apabila menunggu pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu 2019, maka akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, sedangkan agenda jadwal rapat DPRD begitu padat.

“Memang sengaja dipercepat dan sekaligus ditentukan oleh anggota dewan periode saat ini, dengan tujuan agar SILPA tidak hangus,” katanya usai rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota penjelasan Bupati Jombang tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2018, Jumat malam (17/05/2019).

Rapat paripurna ini akan dilanjutkan kembali hingga beberapa tahapan, seperti agenda pandangan umum fraksi fraksi dan sebagainya.

“Selanjutnya tanggal 20 itu paripurna pandangan umum fraksi-fraksi, tanggal 24 itu kalau tidak ada pergeseran waktunya jawaban dan baru pendapat akhir nanti tanggal 31, rencananya seperti itu,” kata Joko menjelaskan.

Pada kesempatan ini, Joko Triono juga menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Jombang atas pencapaian penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan BPK RI untuk yang ke enam kalinya.

“Kita (kabupaten Jombang, red) sudah menerima LHP (laporan hasil pertanggungjawaban) dari BPK dan intinya hasil LHP kita WTP, artinya bahwa Jombang ini wajar tanpa pengecualian, artinya ini pertanggungjawaban yang paling bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan. agenda rapat paripurna kali ini adalah nota penjelasan pertanggungjawaban anggaran tahun 2018.

“Ini proses, kalau sudah selesai akan diketahui silpa nya. Nanti langsung bisa dilanjuutkan dengan rapat selanjutnya, yakni rapat perubahan anggaran (PAK),” jelasnya.@obi

Baca Juga:  Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas di 7 titik Indonesia, siap pecahkan rekor MURI

Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Joko Triono. FOTO: obi-LICOM