Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Polri: Kami punya rekaman pembicaraan dalang kerusuhan demo Bawaslu
Sebagian provokator yang ditangkapi polisi dalam kerusuhan demo 22 Mei
DKI

Polri: Kami punya rekaman pembicaraan dalang kerusuhan demo Bawaslu 

LENSAINDONESIA.COM: Polda Metro Jaya mengklaim telah mengantongi rekaman pembicaraan antara aktor di balik kerusuhan 22 Mei dengan para provokator kerusuhan demo di depan Gedung Bawaslu.

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. “Kami punya bukti rekaman antara pemberi uang dan massa yang menerima,” jelasnya, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, dalam rekaman tersebut terdengar pembicaraan tentang rencana kerusuhan, termasuk penyerangan asrama polisi. Saat ini, bukti rekaman itu masih dalam penyelidikan polisi.

Rekaman itu disebut semakin menguatkan dugaan polisi bahwa kerusuhan yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta, memang sudah diatur pihak tertentu. Sejumlah nama yang dicurigai sebagai dalang kerusuhan sudah dikantongi polisi.

Dugaan bahwa kerusuhan 22 Mei ini memang disetting pihak tertentu sejak awal, dikuatkan dengan barang bukti temuan polisi dari para pelaku yang ditangkap. Selain uang sekitar Rp 8 juta dan US$ 2.760 yang diduga sebagai biaya operasional aksi massa dalam kericuhan, polisi juga menyita celurit, bom molotov, busur panah, mercon, batu dan sejumlah ponsel milik tersangka.

Hingga berita ini diunggah, polisi sudah menetapkan 257 tersangka. Mereka ditangkap dari sejumlah TKP kerusuhan yaitu di Bawaslu, Pertamburan dan Gambir.

“Ratusan tersangka tersebut merupakan perusuh, provokator hingga pihak yang membagikan uang operasional bagi massa. Hasil pemeriksaan sementara tersangka kebanyakan berasal dari luar Jakarta dan pengangguran,” pungkasnya. @LI-15

Baca Juga:  Sidang pengusaha serobot tanah rakyat 20Ha, 5 Kades akui jual ke Puskopkar Jatim