Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sejumlah penerbangan dibatalkan akibat Gunung Agung erupsi
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. FOTO: istimewa
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Sejumlah penerbangan dibatalkan akibat Gunung Agung erupsi 

LENSAINDONESIA.COM: Sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali hari ini terpaksa dibatalkan. Pembatalan penerbangan ini akibat adanya erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, pada Jumat malam, (24/05/2019).

“Kami akan terus update kondisi terkini mengenai erupsi Gunung Agung. Saat ini memang penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai dibatalkan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Polona B Pramesti dalam keterangan pers dari Batam, Jumat malam.

Saat ini ada empat penerbangan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan lima keberangkaan yang dibatalkan sesuai dari keputusan penilaian keselamatan (safety assesment airlines) bersangkutan.

Polona juga mengibau kepada seluruh pihak terkait untuk terus melakukan koordinasi dan memonitor erupsi Gunung Agung. “Apabila menggangu keselamatan penerbangan maka bandara dapat ditutup sementara waktum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Balim Elfi Amir menjelaskan, saat ini terjadi hujan abu vulkanik ringan. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung sampai Sabtu dini hari pukul 01.00 WITA.

Terdeteksi, abu vulkanik akibat erupsi Gunung Agung mencapai ketinggian 4.000 hingga 5.000 meter di ruang udara Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan intensitas sedang tapi tersebar. Tetapi saat ini intensitas abu mulai berkurang 500 hingga 1000 meter.

Elfi menyampaikan, Bandara I Igusti Ngurah Rai tetap beroperasi normal dan petugas pengatur lalu lintas udara (ATC) melaksanakan pemanduan pesawat secara taktikal menghindari pesawat masuk ke area yang terpapar abu vulkanik.

Elfi juga mengibau, para pengguna jasa angkutan udara tidak panik terhadap erupsi Gunung Agung. Sebab, dalam menanggulangi benca, abu vulkanik, bandara telah memiliki prosedur operasi standar (SOP).@LI-13

 

CAPTION: Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. FOTO: istimewa

Baca Juga:  Polisi amankan dua orang pelaku penyerang Wiranto