Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mudik gratis, Jasa Tirta I berangkatkan 300 orang
Ratusan warga mengikuti mudik gratis Parum Jasa Tirta I. FOTO: sarifa-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Mudik gratis, Jasa Tirta I berangkatkan 300 orang 

LENSAINDONESIA.COM: Menyambut Lebaran 2019, Perum Jasa Tirta (PJT) I membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang hendak pulang menuju kampung halaman melalui jalur darat dengan cuma-cuma. Kabar gembira ini direspon oleh ratusan pemudik di wilayah Malang Raya.

Pendaftaran kegiatan Mudik Gratis Bareng Jasa Tirta I sejak awal Ramadan 2019. Sejumlah rute yang dibuka pada mudik gratis kali ini antara lain Malang-Purwokerto, Malang-Bojonegoro, Malang-Banyuwangi dan Malang-Trenggalek.

Keempat rute itu nantinya dapat mengakomodir beberapa kota tujuan mudik terbesar di wilayah Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah dengan bus.

Sebagai contoh untuk rute Malang-Banyuwangi dapat diikuti oleh pemudik dengan tujuan Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. Sedangkan rute Malang-Purwokerto dapat mengakomodir pemudik dengan tujuan Madiun, Sragen, Solo, hingga Purwokerto. Untuk kuota pemudik yang disediakan sejumlah 300 orang.

Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan menjelaskan bahwa kegiatan Mudik Gratis 2019 ini merupakan bentuk upaya kehadiran PJT I secara langsung bagi masyarakat sekitar. Hal ini mengingat tingginya kebutuhan masyarakat akan mudik ke kampung halaman terutama menjelang lebaran. Sedangkan tidak seluruh masyarakat memiliki kemampuan untuk membeli tiket pulang.

“Jika dicermati, ada sebagian masyarakat di sekitar area kerja perusahaan yang tidak dapat menikmati ‘ritual’ mudik setiap tahunnya. Lantaran sulitnya mencari moda yang nyaman dan aman dengan harga yang sesuai daya beli sebagian masyarakat, khusunya dengan tingkat ekonomi rendah. Dengan dibukanya peluang mudik secara cuma-cuma, diharapkan PJT I dapat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya,” ungkap Raymond di Surabaya, Rabu (29/05/2019).

Keberangkatan mudik gratis dilaksanakan bersama-sama dan dilepas langsung oleh Direktur Utama PJT I hari ini dari Kantor Pusat PJT I di Jalan Surabaya 2 A Malang.

Selain mendapatkan tiket gratis, para peserta juga memperoleh sejumlah souvenir diantaranya kaos, topi, dan makanan selama perjalanan. Untuk mendapatkan ini semua, para peserta hanya perlu melakukan registrasi secara online sejak tanggal 1-28 Mei 2019 dengan mengisikan data pribadi seperti nama dan nomor induk kependudukan melalui web portal mudik bareng BUMN.

Kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2019 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Dimana kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh 104 BUMN di seluruh pelosok Indonesia, dari 56 titik keberangkatan serta 136 titik tujuan mudik kabupaten/kota yang totalnua mencapai 250.000 orang.@sarifa

CAPTION: Ratusan warga mengikuti mudik gratis Parum Jasa Tirta I. FOTO: sarifa-LICOM